Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jelang Pra PON, Ini Persiapan Pertina Papua Barat

0 154

Manokwari,TN- Menjelang Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) yang berlangsung di Ternate, Provinsi Maluku Utara bulan September 2019 mendatang, Pengprov Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Papua Barat merampung persiapan melalui seleski atlit di Manokwari, Kamis (4/7).

“Puji Tuhan kami bisa seleksi tahap pertama rencana dua hari untuk mencari atlit tinju yang berkwalitas dipersiapkan mengikuti TC di Kupang, Provinsi NTT selama 1 bulan,” Kata Clinton Tallo saat ditemui awak media di arena seleksi.
Clinton menjelaskan, sebanyak 40 atlit tinju dari semua sasana di Papua Barat dilibatkan dalam seleksi yang dinilai juri independen Carol Renwarin dari Jayapura, Papua.

“Hasil seleksi nanti akan menyisahkan 17 petinju yang disiapkan menuju Ternate, 7 petinju wanita disiapkan untuk kelas 45, 48, 51, 54, 57, 60 dan 64 Kilo gram. Sedangkan 10 petinju pria disiapkan turun di kelas 46, 49, 52, 56, 60, 64, 69, 75, 81 (berat ringan) dan 91 Kilo gram (kelas berat),” beber Clinton.

Clinton juga berharap kepada KONI Papua Barat untuk melihat sejumlah persoalan yang dihadapi Pertina, karena sudah persiapan memasuki tahap TC sehingga membutuhkan anggaran yang besar.

Sementara ketua tim juri seleksi atilit tinju Papua Barat, Carol Renwarin mengatakan, dari hasil seleksi dirinya menilai sejumlah petinju yang sudah cukup matang dalam teknik namun karena kurangnya latihan sehingga perlu pembinaan lebih rutin lagi.

“Yang saya nilai bukan kerjar lawan dalam ring tinju lalu pukul kasi jatuh tetapi teknik permainan yang dikuasai atlit, saya ada yang kuasai teknik tapi tidak mampu di nafas, nah itu yang saya tes fisik teknisnya, banyak atlit punya potensi,” pungkasnya.

Untuk menuju pemusatan latihan atau TC di Kupang, Ketua harian KONI Papua Barat, Daud Indou,S.H menegaskan, pihaknya siap mendukung Pengprov Pertina menghadapi Pra Pekan Olahraga Nasional nanti.

“Pengprov yang sudah masuk dalam TC dalam persiapan Pra PON itu sudah menjadi kewenangan KONI Papua Barat jadi kita membiayai seluruhnya, kita menunggu Pengprov menyerahkan nama-nama atlit maka tanggung jawab KONI,” tegas Daud Indou saat memantau pelaksanaan seleksi atlit tinju di Manokwari.

Daud mengatakan, KONI Papua Barat siap dan komitmen untuk bertanding dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2020.

Anda mungkin juga berminat