Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jelang Natal Dan Tahun Baru, Dishub R4 Himbau Ini Untuk Masyarakat Yang Hendak Mudik

0 120

Waisai, TN – Jelang perayaan hari raya Natal dan pergantian tahun 2019, Dinas Perhubungan kabupaten Raja Ampat Papua Barat menyiapkan sejumlah persiapan dan himbauan terkait mudik Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dinas Perhubungan, melalui Kepala Bidang Laut, Iwan Aldjokdja, menyampaikan bahwa untuk mengawal dan mengamankan arus mudik Natal dan Tahun Baru 2019 di Raja Ampat, dibentuklah Tim Khusus pengamanan arus mudik 2019 di pelabuhan Waisai, yang terdiri dari Dishub, Satpol PP, dan Satpolair Polres Raja Ampat.

Dan saat ini Timsus tersebut, telah aktif melakukan tugasnya sejak tanggal 18 Desember kemarin, hingga tanggal 8 Januari 2020 nanti, sesuai surat edaran Gubernur Provinsi Papua Barat tentang penetapan libur fakultatif yang dimulai tanggal 23 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

“Dan kali ini giliran jaga oleh pegawai kami yang beragama muslim, karena saat lebaran kemarin dijaga oleh rekan-rekan nasrani. Inilah salah satu bentuk toleransi antar umat beragama di Raja Ampat,” jelas Iwan Aldjokdja.

Iwan pun menyampaikan sejumlah himbauan resmi Dinas Perhubungan kabupaten Raja Ampat kepada masyarakat Raja Ampat yang akan mudik ke kampung halaman. Seperti;
Pertama kendaraan bermotor yang jika dititipkan di pelabuhan Waisai, pastikan kendaraan dalam keadaan terkunci dengan baik dan diparkir dengan rapi.

Kedua, jaga dan pastikan barang bawaan tidak mengandung barang berbahaya serta tidak membawa tanaman atau satwa yang dilindungi oleh undang-undang.

Ketiga, jika mudik dilakukan bersama seluruh anggota keluarga dan atau rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong, pastikan dalam keadaan terkunci dan seluruh alat elektronik telah terlepas dari koneksi listrik atau di-nonaktifkan.

“Dan keempat, jaga anggota keluarga anda saat mudik. Pastikan seluruh barang bawaan anda dibawa dalam keadaan aman dan rapi,” ujar Iwan Aldjokdja, Rabu (19/12).

Kemudian, menurut keterangan yang ditambahkannya, Dishub pun telah menginformasikan kepada PT. Belibis Putra Mandiri untuk menyiapkan armada tambahan jika terjadi lonjakan arus mudik saat hari akhir aktif kerja Pemda Raja Ampat, yaitu Jumat, 20 Desember 2019.
“Kami sudah berkoordinasi dengan menyurat kepada mereka,” jelas Iwan Aldjokdja.

Anda mungkin juga berminat