Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jelang Festival Bahari Raja Ampat, Panitia Terus Menggelar Simulasi, Kali Ini Giliran Piaynemo

0 136

Waisai, TN – Panitia Festival Pesona Bahari 2019 kabupaten Raja Ampat yang tergabung dalam tim thaknis, kembali melanjutkan pelaksanaan latihan dan simulasi Code of Conduct (CoC) atau tata cara memasuki objek wisata. Kali ini dilaksanakan di kampung Saukabu, distrik Waigeo Barat Kepulauan, Jumat (11/10).

Dijelaskan Koordinator tim teknis objek wisata, Adrianus Kaiba, bahwa walaupun objek wisata Piyainemo dan sekitarnya telah terkenal dan akhir September lalu menyabet juara Green Gold untuk kategori pengelolaan destinasi berkelanjutan, CoC yang dilakukan hari ini untuk mempersiapkan diri para pemandu lokal untuk semakin baik memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan, khususnya saat pelaksanaan Festival Bahari nanti.

Simulasi langsung pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) kepada wisatawan di objek wisata jalur trekking Top View of Piyainemo, Jumat (11/10) (TN/Arsul)

“Selain disiapkan untuk Festival Bahari nanti, harapan kami pemandu lokal ini nantinya akan siap memandu wisatawan juga pada momen biasa. Hal ini pun untuk mempertahankan gelar juara yang telah didapatkan Piyainemo pada ISTA 2019 ini,” jelas Adrianus Kaiba

Pelatihan dan simulasi CoC yang dilakukan tim teknis Festival Bahari di Piyainemo ini cukup berbeda dengan yang dilakukan di objek wisata yang ada di Teluk Mayalibit. Dikarenakan memiliki jalur trekking yang cukup panjang dan mendaki ratusan anak tangga, para pemandu lokal berjumlah 27 orang ini dilatih untuk siap sedia dengan adanya kemungkinan wisatawan yang kelelahan dan gangguan kesehatan bawaan lainnya yang berhubungan dengan aktifitas berlebihan, pernapasan dan indikasi dehidrasi jika cuaca cenderung panas dan suhu udara meningkat.

Pada objek wisata Piyainemo ini, panitia Festival Bahari 2019 telah menyiapkan jalur tur wisata serta pementasan tarian dan seni lainnya selain objek wisata unggulan seperti Top View Piyainemo, Telaga Bintang dan Telaga Pari Manta.

Anda mungkin juga berminat