Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jaringan 4G di Aimas Menghilang, Olshop Sepi Order

0 148
Penyedia layanan jaringan internet wifi di depan alun-alun Aimas ramai dengan pengunjung. (Foto: Tantowi/TN)

Aimas, TN – Ketika Kementerian Kominfo mengumumkan pembukaan blokir jaringan internet di sejumlah kota di Papua dan Papua Barat dilakukan secara bertahap pada hari Rabu, 4 September lalu, layanan data seluler (4G) di Kabupaten Sorong justru menghilang.

Pemblokiran layanan data yang terjadi sejak Kamis (5/9/2019) pagi itu, dirasakan sebagai ‘bencana’ bagi para pelaku usaha berbasis online. Jaringan internet hanya bisa dinikmati melalui wifi berbayar di warung kopi atau kios-kios.
“Para penjual online banyak kehilangan omset. Kalau jaringan internet tidak bisa, otomatis order juga tidak masuk,” kata Aulin, owner olshop Dapur AG.
Ketika jaringan internet normal, dalam sehari Dapur AG yang menjual aneka produk olahan makanan dan minuman ini bisa membukukan omset yang cukup lumayan.
“Sudah dua hari ini sepi order. Kalau saya pergi ke wifi ya baru ada pesanan yang masuk,” katanya Aulin yang melayani pesanan cemilan crispy, susu kedelai hingga bawang putih tunggal.
Merosotnya omset bisnis online itu juga dirasakan pemilik Cendana Kurir. Meski dirinya menggunakan fasilitas jaringan wifi, tapi order yang masuk juga menyusut.
“Kalau kita ada jaringan internet sementara di area pelanggan tidak ada, kan ya sama juga tidak bisa order,” kata Bunda Ratu, owner Cendana.
Warganet yang akrab dengan dunia medsos tak sedikit juga yang mengeluhkan kondisi ini. Marwin Kamase, administrator grup facebook IKKS misalnya, yang mencurahkan hilangnya sinyal data itu di linimasa grup.
Selamat pagi netizen sekota dan kab.sorong, izin kira2 ada yang tahu jaringan 4G ini kapan dia normal kembali ka? Tulis Marwin Kamase pada Sabtu (7/9/2019) pagi.
Pertanyaan itu banyak disambut para anggota grup dengan kalimat kalimat yang terasa lucu, jengkel dan setengah putus asa. Misalnya pemilik akun Mhmmad Al Fattah. Dia membalas pertanyaan Marwin Kamase begini; Nunggu semua jomblo di seluruh kota Sorong nikah.
Yang menikmati berkah dari hilangnya sinyal data ini, adalah penyedia layanan wifi. Dari pantauan Teropongnews.com, banyak pemilik warung dan kios yang melengkapi dengan layanan wifi, selalu ramai pengunjung. Hingga Sabtu (7/9/2019) oukul 22.09 Wit, jaringan data 4G masih belum ada tanda tanda muncul di layar ponsel berbasis android.

Anda mungkin juga berminat