Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Januari, Polisi Mencatat Sudah Ada Dua Kasus Bunuh Diri Di Halsel

0 119

Ternate, TN – Pada Januari tahun 2020 ini, sudah ada dua kasus bunuh diri di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Ini didasari pada catatan pihak kepolisian dalam hal ini Polres Halmahera Selatan.

Rata-rata kasus bunuh diri yang terjadi di Kabupaten Halsel dipicu persoalan pribadi dan keluarga. Jika dilihat dari berbagai kasus bunuh diri yang terjadi para pelaku bunuh diri sering mengalami depresi yang sulit dikendalikan.

“Nah, saya berharap ada semacam ruang atau sebuah badan hukum yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk mereka yang depresi dan putus asa ini, agar mereka tidak sampai melakukan hal-hal yang akan merugikan diri sendiri,” pinta Kasat Reskrim Polres Halsel, Iptu Dwi Gastimur Wanto kepada wartawan, saat dihubungi dari Ternate, Minggu (12/1).

Menurut dia, mereka tidak perlu sampai mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri, karena masih ada ruang lain untuk bisa menenangkan diri, misalnya mereka ke Psikiater.

“Psikiater adalah seorang ahli medis yang fokus menangani masalah kesehatan mental dan perilaku melalui upaya pencegahan, kuratif dan rehabilitatif dengan pemberian konseling, psikoterapi, dan obat-obatan. Nah, karena rata-rata mereka yang melakukan bunuh diri ini memiliki banyak masalah, tetapi takut untuk mengungkapkannya kepada orang lain, meskipun itu kepada anggota keluarganya sendiri,” tandas dia.

Wanto mengaku, hingga saat ini pihak Polres Halsel belum memiliki tempat untuk berkonsultasi, namun pihaknya bisa melakukannya dengan cara memediasi.

Anda mungkin juga berminat