Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jadi Pusat Perayaan HUT RI, WC Alun Alun Aimas Kumuh

0 99

Aimas, TN – Alun-alun Aimas akan kembali menjadi pusat perayaan hari kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019 di Kabsor, termasuk upacara detik-detik proklamasi yang akan dihadiri para pejabat dan masyarakat umum. Sayangnya, kamar kecil atau WC yang menjadi salah satu fasilitas publik di tempat itu, kondisi kumuh dan tidak ada saluran air bersihnya.

Agar para pejabat, tamu undangan dan masyarakat yang hadir saat merayakan kemerdekaan merasa nyaman menggunaan fasilitas tersebut, diharapkan pihak yang bertanggungjawab mengelola alun-alun segera membersihkan.

“Kami menyarankan kepada ketua agar kamar mandi yang ada di alun-alun untuk disedot dan penjual yang ada disepanjang alun alun ditertibkan pada saat pelaksanaan upacara,” kata Jance N Sahetapy, Kabid Kepemudaan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabsor.

Pernyataan itu diungkapkan Jance saat Rapat Panitia Persiapan HUT RI ke 74, di ruang Pola Kantor Bupati, yang dipimpin Ketua Panitia, Klaas Osok S.Sos , yang juga Asisten III Setda.  Selain Jance, diantara panitia yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Suroso Sip.MA, Staf Ahli Bidang Pembangunan Kabsor, Kolonel (Mar) Purwanto, Perwira Pasmar 3, Letkol (Mar) Franklyn Sinay, Perwira Pasmar 3.

Masih menurut Jance, kondisi kamar mandi di alun alun yang memprihatinkan itu, selain kurangnya perhatian dari pihak pengelola, juga karena tidak adanya kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan fasilitas publik. Dari pantauan TeropongNews.com, dinding kamar kecil itu penuh dengan coretan vandalis tangan jahil. Sementara di saluran pembuangan, penuh tumpukan sampah botol plastik dan memicu bau tak sedap.

Letkol (Mar) Franklyn Sinay, Perwira Pasmar 3 yang menjadi seksi upacara dalam kepanitiaan HUT RI menyatakan keprihatinan yang sama. Menurutnya, hampir satu bulan ini pihaknya ada kegiatan melatih pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di alun-alun Aimas.  Untuk menggunakan fasilitas kamar kecil, anggota Pasmar harus mencari air bersih sendiri di rumah-rumah warga, untuk mengisi bak air.

“Saluran air bersihnya tidak ada. Kami setiap hari ada di sini. Kalau kamar kecil tidak ada air bersihnya, bagaimana kami mau menggunakan fasilitas itu,” keluh Franklyn.

Ditemui terpisah, Klaas Osok, Asisten III Setda Kabsor kepada TeropongNews.com mengaku akan memerintahkan Bagian Umum yang bertanggungjawab atas pengelolaan alun-alun, untuk segera membenahi fasilitas itu. “Kalau sudah dibenahi, kami minta masyarakat bisa ikut menjaga. Jangan di rusak dan dikotori,” kata Klaas Osok.

Sementara terkait perayaan HUT RI, panitia juga akan mengadakan ragam kegiatan lomba yang melibatkan masyarakat. Selain donor darah, juga akan digelar perlombaan panjat pinang di alun-alun Aimas.

“Saya sudah memasukkan perincian dana untuk kegiatan ini ke bapak bupati, sesuai kebutuhan. Semoga Pak Bupati segera merealisasi apa yang sudah kita ajukan, sehingga bisa segera di distribusikan ke masing-masing seksi,” kata Klaas, yang menyebut perayaan HUT RI dianggarkan sebesar Rp 500 juta.

Anda mungkin juga berminat