Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Jadi Irup HUT Bhayangkara ke-73, Walikota Sorong Sampaikan Amanat Presiden RI

0 166

Sorong, TN – Kepolisian Resor Sorong Kota  menggelar upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-73 Tahun 2019 di Lapangan Mapolres Sorong Kota, Rabu (10/07) pagi. Walikota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, M.M bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup).

Dalam amanata Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang dibacakan oleh Walikota Sorong, menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas kerja keras, pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa pernah mengenal lelah, dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik,”ujar Walikota.

Selain itu, Polri juga telah mengungkap berbagai kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan orang, dan kejahatan siber.

Selain pengungkapan kejahatan diatas, Polri juga mengungkap kejahatan berimplikasi kontinjensi seperti konflik sosial, kerusuhan massa, dan unjuk rasa anarkis, sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi.

“Termasuk dalam menindak 5 kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018, Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai Rp 2,9 triliun dan menyelamatkan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun,”jelas Lambert.

Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah meningkatkan akuntabilitas dan transparansi.
Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan
selama 6 tahun berturut-turut.

“Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun
sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,”pungkasnya.

Anda mungkin juga berminat