Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ini Yang Dilakukan Pemprov Jika Mahasiswa Tak Kembali ke Kota Studi

0 129

Jayapura, TN – Pemerintah Provinsi Papua memastikan akan menghentikan beasiswa Otsus kepada mahasiswa Papua  yang tidak kembali ke kota studi pasca eksodus besar-besaran beberapa waktu terakhir ini.

“Pasti kalau tidak kembali, kita tidak akan biayai lagi,” kata Gubernur kepada wartawan di gedung negara, Senin (23/9) siang.

Kata Gubernur, sekitar 300 san mahasiswa yang mendapat beasiswa Otsus dari Pemerintah Papua telah kembali ke Papua. “300 orang yang sudah kembali berdasarkan data dari kepala SDM,” kata Gubernur

Gubernur mengaku tidak semua mahasiswa di biayai dari beasiswa Otsus Provinsi Papua, Ada juga yang mendapat dari Program Beasiswa Affirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK), Beasiswa Affirmasi Pendidikan Menegah (ADEM), pembiayaan pribadi serta pembiayaan dari Kabupaten/kota.

Sementara mahasiwa lainnya yang telah kembali ke Papua, kata Gubernur sebagian besarnya tidak melapor kepada pemerintah daerah.

“Sebenarnya mahasiswa ini balik sebagian besar tidak laporan kepada kepala daerah, jangan dengan tujuan tertentu datang apalagi bicara Papua Merdeka,” kata Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan bahwa pemerintah siap kembalikan mahasiswa yang ingin kembali melanjutkan studinya di kota studi masing-masing.

“Pemerintah siapkan transportasi untuk kembali ke kota studi, jangan datang ke sini mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat Papua, dengan jargon-jargon tertentu,” kata Gubernur yang juga berharap agar siswa pelajar jangan terganggu ataupun terprovokasi gangguan siapapun termasuk mahasiswa yang eksodus,” kata Gubernur tegas.

Anda mungkin juga berminat