Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ini Tanggapan Bupati AFU Soal Waisai Sebagai Kota Kecil Terkotor di Indonesia

0 1.374

Waisai, TN – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI telah merilis sejumlah kota di Indonesia sebagai Kota terkotor. Salah satunya yakni Kota Waisai Ibukota Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat.

Menanggapi Hal tersebut, Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE menerangkan predikat Waisai sebagai kota terkotor menjadi satu pelajaran yang besar bagi seluruh elemen masyarakat.

“ Ini menjadi cambuk bagi kita semua, agar ke depannya bekerja lebih maksimal lagi” ujar AFU.

“ Kita perlu bekerja lebih ekstra, jangan lakukan pembiaran” tambah AFU.

Dijelaskan AFU, Raja Ampat sebagai destinasi wisata dunia maka Kebersihan tentunya menjadi point penting untuk diperhatikan secara serius.

Dalam rangka itu, Bupati AFU menginstruksikan Dinas terkait mencari informasi terkait indikator penilaian yang digunakan oleh KLHK, tujuannya untuk dijadikan bahan atau dasar perbaikan ke depannya.

“ Saya pikir Lingkungan Hidup perlu memberikan informasi awal kepada kami ya, harusnya memberikan itu kepada kami, sehingga indikator-indikator terkait penilaian sehingga kita perlu benahi atau perbaiki ke depannya” terang AFU.

Seperti diberitakan Antara, pada Senin (14/1/2019), Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati mencatat sejumlah kota terkotor karena mendapat nilai paling rendah pada saat penilaian program Adipura periode 2017-2018.

Dalam catatan KLHK, Kota Waisai ibukota Kabupaten Raja Ampat masuk di dalam daftar kota-kota terkotor di Indonesia.

Kota Waisai masuk dikategori kota kecil terkotor bersama Waikabubak di Sumba Barat,Kabupaten Buol di Sulawesi Tengah, Bajawa di Kabupaten Ngada dan Ruteng di Manggarai.

KLHK juga mencatat, untuk kategori kota Metropolitan yang terkotor adalah Kota Medan. Sedangkan untuk kategori kota besar yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Manado.

Untuk kategori kota sedang adalah Sorong, Kupang dan Palu .

Anda mungkin juga berminat