Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ini Faktor Kesenjangan Pembangunan Antara Indonesia Bagian Barat Dan Timur

0 57

Sorong,TN- Saat ini kinerja pembangunan daerah menunjukkan kondisi yang tidak sama di setiap daerah, bahkan terlihat adanya kesenjangan pembangunan antar daerah. Seperti kesenjangan pembangunan antara kawasan barat Indonesia dengan kawasan timur Indonesia.

Deputi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI DR Iskandar Simorangkir, SE mengatakan kesenjangan pembangunan dimungkinkan karena kawasan timur Indonesia masih memiliki beberapa keterbatasan, seperti minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) baik kuantitas maupun kualitasnya, minimnya penguasaan teknologi dan pengembangannya, infrastruktur yang belum memadai dan masih rendahnya investasi dari pihak swasta dalam mendukung percepatan pembangunan daerah.

“Percepatan pembangunan daerah dan keberhasilan pembangunan daerah dapat tercapai melalui kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah dan pihak swasta, perguruan tinggi dan masyarakat maupun antar pemerintah daerah,” ungkapnya dalam kegiatan Konsultasi Regional (Konreg) PDRB Wilayah Sulawesi, Maluku, Papua dan Papua Barat 2019, yang berlangsung di Aimas Convention Center, Kamis (27/6).

Gubernur Provinsi Papua Barat Drs Dominggus Mandacan mengatakan penyelenggaraan Konsultasi Regional PDRB Wilayah Sulampua 2019, diharapkan menjadi salah satu sarana tukar menukar informasi sekaligus upaya memperkuat kerja sama antara pihak terkait. Sehingga dengan adanya percepatan pembangunan daerah, maka daya saing daerah pun akan meningkat.

“Diharapkan dengan adanya Konreg ini, maka akan tercipta sinergitas kebijakan nasional dan antar regional di wilayah Sulampua,” tandas orang no 1 di Provinsi Papua Barat.

Anda mungkin juga berminat