Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Ini Alasan Jimmy Idjie Masih Kuasai Rumah Dinas

0 278

Sorong, TN  – Terkait pernyataan Ketua DPR Papua Barat, Pieter Kondjol di media massa perihal rumah dinas yang masih dikuasai oleh mantan ketua DPR Papua Barat peride 2004/2009, Jimmy D.Idjie. Anggota DPR RI, tersebut angkat bicara.

Sebelumnya, Ketua DPR Papua Barat mempermasalahkan rumah yang berlokasi di Kampung Arowi 1, Manokwari tersebut, karena sejak dua periode tahun politik (2009 – 2019), dirinya tidak pernah menghuninya, mengingat rumah itu masih dikuasai oleh Mantan Ketua DPR PB terdahulu Jimmy Demianus Idjie.

Karena masih dikuasai Jimmy Idjie, Pieter mengaku terpaksa tinggal di rumah kontrakan, selama menjabat Ketua DPR Provinsi Papua Barat.

Melalui Staf ahlinya, Yosep Titirloloby, menyebutkan bahwa rumah dinas tersebut diklaim oleh Jimmy sebagai hak pribadi. Karena berdasarkan informasi, lahan tersebut adalah miliknya secara pribadi, tapi bangunan fisik diatasnya dibangun dengan anggaran APBD Provinsi Papua Barat

“Harusnya sebelum bicara, dia cek dulu ke sekwan saat itu, kalau tidak salah pak Sutrisno atau pak Sugiono, dan bendaharanya ibu Ronsumbre. Gubernur saat itu, pak Atururi juga telah menyerahkan rumah tersebut kepada Djimie Idjie secara lisan, sebagai tanda terima kasih karena telah memperjuangkan pemekaran Provinsi Papua Barat saat itu,” ungkap Yoseph yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/8).

Dikatakan Yoseph, rumah dinas yang dipermasalahkan oleh Ketua DPR Provinsi Papua Barat itu sendiri, saat ini sedang dalam proses pemutihan untuk kemudian menjadi milik Djimie Idjie.

“Saat ini rumah itu sedang dalam proses pemutihan. Saya sebagai staff ahli pak Jimmy mengakui bahwa pembangunan serta tanah tempat beridirinya rumah tersebut dibeli dengan menggunakan APBD. Namun, semenjak 2006 sampai sekarang, semua biaya pemeliharaan yang ada pada rumag tersebut, ditanggung dengan menggunakan uang pribadi oleh klien saya,” tegas Yoseph.

Yoseph juga menyayangkan sikap Pieter yang baru mempermasalahkan perkara rumah tersebut, dua bulan menjelang berakhirnya masa jabatannya sebagai Anggota DPR Papua Barat.

“Kenapa bersuaranya baru sekarang? Kenapa tidak saat pertama kali dia dilantik? Apa dia menjadi seperti ini karena kalah di MK dan sebentar lagi akan terjun bebas dari jabatan yang ada sekarang?,” sesal Yoseph.

Intinya lanjut Yoseph, Jimmy Idjie akan tetap mengikuti prosesedur dan mekanisme yang berlaku.

 

Anda mungkin juga berminat