Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

IJTI Papua Barat Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Putra-Putri Papua

0 137

Sorong,TN – Sebanyak 120 orang peserta dari berbagai kalangan mengikuti kegiatan pelatihan Jurnalistik yang digelar oleh Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Papua Barat, di Balai Diklat Kabupaten Sorong, jalan pendidikan KM.8, Kota Sorong, Kamis (24/10).

Adapun materi pelatihan yang diberikan meliputi pengenalan dasar-dasar jurnalistik, pemahaman tentang kode etik jurnalistik, pengenalan tentang jurnalis televisi, teknik pengambilan gambar, dan teknik menulis berita.

“Mereka ini sebenarnya punya skill, tapi sayangnya pemerintah kurang melihat itu. Dari kegiatan ini mereka tidak mesti jadi wartawan, tapi bagaimana pemuda ini punya kreatifitas yang dapat dikembangkan. Entah itu pembuatan film, dokumenter, membuat vlog dan menulis di blog tapi semua dalam kerangka etika jurnalistik,” jelas Ketua IJTI Pengda Papua Barat, Chanry Andrew Suripatty.

Dikatakan Chanry, pelatihan tersebut juga bagaimana para peserta jurnalistik dapat menangkal berbagai informasi atau berita hoax. Menurut Chanry saat ini banyak sekali berita hoax yang beredar dan banyak pula anak muda yang terpengaruh, bahkan turut menyebar berita hoax tersebut.

“Inti utama dalam pelatihan ini adalah perang melawan hoax, karena melalui kegiatan ini mereka nantinya bisa membuat karya-karya inovatif yang dapat melawan hoax itu sendiri,”kata Chanry.

Maikel Bambang Kambuare selaku ketua Panitia mengatakan, ia lebih fokus terhadap output yang akan dihasilkan dari pelatihan tersebut. Maikel berharap, dengan karya-karya inovatif yang dibuat, para peserta dapat meningkatkatkan pendapatan ekonomi dari dunia digital.

“Saya lebih fokus untuk mempersiapkan teman-teman kita dari OAP bagaimana menghadapi dunia digital ini. Mereka tidak harus bekerja di sektor tertentu seperi sektor pemerintahan. Oleh karena itu kita persiapkan mereka untuk paham betul dengan dunia digital ini, misalkan bisa menjadi blogger, vlogger mampu mengedit video dengan baik, sehingga tampilan hasil karya mereka bisa di upload di youtube dan itu juga dapat menghasilkan uang,”imbuhnya.

Anda mungkin juga berminat