Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

IAIN Ambon Angkat Bicara Soal Tanah Bergerak Penyebab 3 Bangunan Rusak Parah

0 90

Ambon, TN – Pihak Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon akhirnya angkat bicara soal fenomena tanah bergerak sehingga menyebabkan tiga bangunan di kampus tersebut mengalami kerusakan yang sangat parah pada, Senin (3/6) sore.

Kepada wartawan, di Ambon, Selasa (4/6), Kepala Bagian Humas IAIN Ambon, Amiruddin mengaku, gejala-gejala kerusakan parah akibat tanah bergerak sudah terlihat sejak pekan lalu. Kondisi ini semakin diperparah dengan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Ambon sejak Minggu (2/6).

“Karena sudah ada gejala kerusakan sejak seminggu lalu, maka kami intensifkan pemantauan. Tapi hujan disertai angin kencang pada Senin kemarin, menyebabkan kerusakannya semakin parah,” kata Amiruddin.

Untuk itu, kata dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku untuk melakukan tindakan pencegahan.

“Iya, memang sejumlah sarana dan prasarana kampus pun telah dipindahkan ke tempat aman. Untuk langkah-langkah pencegahan, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan BPBD Provinsi Maluku,” ungkap Amirruddin.

Dia menduga, struktur tanah bangunan tersebut bersifat liat, sehingga mudah terbelah jika hujan lebat. “Peristiwa itu membuat permukaan tanah menurun sedalam 80 cm, dan membuat keretakan tanah sepanjang 25 meter,” ungkap dia.

Menurut Amiruddin, kerusakan terparah terjadi pada bangunan perpustakaan. Sedangkan Laboratorium MIPA, Fakultas Tarbiyah, mengalami keretakan di bagian belakang gedung hingga dinding dan jendela ambruk.

“Sementara bagian depan bangunan auditorium juga rusak. Tapi kami bersyukur, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini,” tandas Amiruddin.

Anda mungkin juga berminat