Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Hujan Lebat Picu Banjir Di Morotai, Warga Lifao Mengungsi

0 107

Ternate, TN – Hujan lebat dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kabupaten Morotai sejak Senin (6/1) hingga Selasa (7/1) menyebabkan sejumlah wilayah di kabupaten setempat dilanda banjir. Yang paling terparah yakni di Desa Lifao, sehingga menyebabkan warga di desa setempat memilih untuk mengungsi ke lokasi lain.

Namun demikian, warga desa Lifao sudah diperkenankan untuk kembali ke desa mereka, lantaran banjir setinggi 2 meter sudah mulai surut. Tim Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morotai sendiri kesulitan untuk mencapai lokasi, lantaran ketinggian banjir menyebabkan kendaraan tidak bisa untuk sampai ke lokasi bencana.

Saat dihubungi dari Ternate, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logositik BPBD Kabupaten Pulau Morotai, Kusnadi Funae mengaku, hingga saat ini pihaknya belum bisa menyampaikan kepada publik, terkait jumlah korban yang terdampak bencana banjir tersebut.

“Kami kesulitan ke lokasi karena volume air terlalu tinggi. Kami pun belum bisa menyampaikan data kepada publik, soal kerugian maupun jumlah warga yang terdampak banjir setinggi 2 meteran itu,” katanya, Rabu (8/1).

Namun demikian, menurut dia, setelah banjir tersebut surut sejak kemarin, pihaknya telah mengirimkan tim ke lokasi terdampak banjir untuk melakukan proses pendataan.

“Nanti setelah tim melakukan proses pendataan, barulah kita melaporkan soal banjir ini kepada Pak Bupati, untuk kemudian menyalurkan bantuan kepada para korban yang terdampak banjir tersebut,” tandas Kusnadi.

Anda mungkin juga berminat