Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Hujan Deras, KEK Sorong Batal Diresmikan Presiden Jokowi

0 89

Aimas, TN – Peresmian Pengoperasian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sorong oleh Presiden Jokowi yang rencananya dilaksanakan Jumat (11/10/2019), batal. Kawasan yang diproyeksi sebagai penggerak ekonomi di Papua Barat ini, hanya diresmikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, setelah hujan deras mengguyur Pelabuhan Arar SP 3.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution (tengah), didampingi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Bupati Sorong, Johny Kamuru memukul Tifa sebagai simbol peresmian pengoperasian KEK Sorong, Jumat (11/10/2019). (Foto:Tantowi/TN)

Sebelumnya, Presiden Jokowi pada Senin lalu memerintahkan agar KEK Sorong diresmikan bersamaan dengan peresmian Palapa Ring di Sabang, Paser Pajanam, Rote dan Merauke. Melalui teknologi Video Conference, peresmian KEK Sorong masuk agenda kedua kegiatan Presiden Jokowi.
Sebelum meresmikan KEK Sorong, Menteri Darmin Nasution yang datang bersama sejumlah pejabat kementerian ini, mengunjungi pelabuhan petikemas di Arar didampingi Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dan Bupati Sorong Johny Kamuru.
Sementara informasi pembatalan peresmian KEK Sorong oleh Presiden Jokowi melalui Video Conference (VCon), secara resmi disampaikan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Komunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Latif, yang ditujukan kepada Bupati Sorong.
“Kami informasikan dengan hormat bahwa agenda peresmian yang rencananya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 11 Oktober melalui kegiatan Video Conference, karena sesuatu hal maka ditunda pelaksanaannya menunggu arahan lebih lanjut. Kami menyampaikan permohonan maaf kepada Bupati Sorong beserta pejabat daerah atas ketidaknyamanan yang terjadi,” tulis Anang Latif.
Kendati Jokowi batal meresmikan KEK Sorong, Bupati Johny Kamuru menyampaikan terima kasih kepada Presiden yang telah memasukkan KEK Sorong menjadi bagian dari kawasan strategis perekonomian nasional.
“KEK Sorong adalah mimpi besar pemerintah dalam memberikan pertumbuhan ekonomi nasional, khusus di Papua Barat dan Sorong. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden Republik Indonesia yang telah menetapkan kawasan ekonomi khusus Sorong yang diresmikan hari ini. Ini adalah bagian dari kawasan strategis perekonomian nasional,” kata Bupati Johny Kamuru. **

Anda mungkin juga berminat