Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Hitung Suara Pilres, Numfor Jadi Kabupaten Pertama di Papua Kirim Hasil Pilpres di KPU

0 72

Jayapura, TN – Dari 29 Kabupaten Kota yang ada di Papua, Kabupaten Biak Numfor menjadi daerah pertama yang memberikan hasil hitung cepat perolehan suara Presiden dan Wakil Presiden secara nasional.

Sebagaimana data hasil hitung suara tingkat nasional dari data hitung cepat KPU per Jumat 19 April 2019 pukul 09:45:02 WIT, Biak Numfor dengan perolehan suara Pasangan Jokowi – Ma’ruf  sebanyak 2.311 suara dan pasangan Prabowo – Sandi 171 suara.

Ketua KPU Papua, data hasil perhintungan suara yang masuk di KPU RI berdasarkan hasil scan C1 hologram yang dikirimkan oleh KPU daerah. Dimana perhitungan suara di setiap TPS di tulis langsung dalam formulir C Plano dan disalin ke C1 Hologram.

“C1 Hologram inilah yang akan di bawa ke KPU tingkat Kabupaten untuk di scan dan di kirim ke KPU RI, jadi itulah fungsi hologram itu,” kata Kossay.

KPU sendiri akan mengetahui adanya perubahan suara dari scan hologram C1 Plano tersebut. “ Hologram inilah yang menjadi data update KPU, jadi tidak ada lagi yang bisa main-main di tingkat PPS, ketahuan jika ada pengalihan suara,” kata Kossay, kemarin

Theodorus Kossay mengatakan KPU tahapan penghitungan suara di setiap TPS dilakukan selama dua hari, selanjutnya penghitungan dilakukan di tingkat PPD selama tiga hari dan dilanjutkan rekapitulasi di tingkat kabupaten selama dua hari.

Dilansir hasil perhitungan suara Pilpres secara nasional dari website resmi KPU menunjukkan suara pasangan Jokowi – Ma’ruf menang di angka 1.158.171 suara sementara pasangan Prabowo – Sandi berada di angka 897.441 Hitung cepat itu sebagaimana hasil 10.776 dari 813.350 TPS atau  1.32489 persen se Indonesia yang masuk di KPU.

Anda mungkin juga berminat