Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Hingga 2 Hari Kedepan, Internet di Jayapura, Manokwari dan Kota Sorong Masih Diblokir

0 196

Jakarta, TN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) hingga kini masih memblokir akses layanan internet di sejumlah kota di Papua dan Papua Barat. Akses itu akan dibuka secara bertahap, jika hasil pantauan situasi dan kondisi kamtibmas sudah kondusif.

Ferdinandus Setu, Pelaksana tugas Kabiro Humas Kemkominfo menjelaskan, untuk wilayah Provinsi Papua, masih terdapat 2 Kabupaten/Kota yang masih diblokir layanan data internet, yakni Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura. Sedangkan di Papua Barat, masih ada 2 kota yang diblokir, yakni Kota Manokwari dan Kota Sorong.

“Masih harus terus dipantau situasinya dalam 1 atau 2 hari ke depan,” kata Ferdinandus, Rabu (11/9/2019) seperti dikutip dari Kompas.com.

Sementara itu, dua wilayah di Papua yang sebelumnya diblokir sudah kembali dibuka, yakni wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika di Provinsi Papua.

“Pemerintah kembali membuka blokir atas layanan data internet di kedua kabupaten tersebut, terhitung mulai Selasa, 10 September Pukul 21.00 WIT,” kata Ferdinandus.

Pembukaan blokir akses layanan data internet itu juga dilakukan di 11 kabupaten di Provinsi Papua Barat, meliputi Kabupaten Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong.

Dibukanya akses internet melalui jaringan seluler di Kabupaten Sorong ini, mendapat sambutan positif dari warga Aimas, Kabupaten Sorong. Sebab, pemblokiran akses internet itu cukup mengganggu aktivitas warga, utamanya para pelaku usaha berbasis online, yang mengandalkan jaringan internet.

“Di Kabupaten Sorong ini kan relatif aman, kondusif, tidak terjadi kericuhan seperti di kota lain. Tapi kenapa kok ikut di blokir akses internetnya,” kata Bunda Ratu, pemilik kios kue yang melayani pemesanan secara online.

Sejak diblokir pada Kamis, 5 September lalu, akses internet hanya bisa dilakukan melalui fasilitas wifi.

Anda mungkin juga berminat