Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Himpun Kekuatan di Dewan, Tiga Partai Melamar ke Golkar

0 118

Aimas, TN – Sejumlah partai yang berhasil menempatkan kadernya di kursi DPRD Kabupaten Sorong, mengajukan surat permohonan kepada Partai Golkar agar bisa diterima bergabung menjadi satu ruangan dalam fraksi. Mereka adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Bulan Bintang (PBB).
Ketiga partai ini, dalam pemilu legislatif 17 April lalu hanya berhasil meloloskan satu orang kadernya sehingga harus berkoalisi dengan partai lain untuk membentuk fraksi. Rasimin SE, anggota DPRD Kabsor periode 2019-2024 membenarkan adanya surat lamaran dari ketiga partai tersebut.

Rasimin SE, anggota DPRD Kabsor dari Partai Golkar.

“Memang benar ada surat permohonan dari mereka untuk bergabung dengan Fraksi Golkar, sudah kita jawab dan di iyakan,” kata Rasimin.
Sementara dari PDI Perjuangan yang memiliki 6 suara, diperkirakan akan berdiri menjadi fraksi sendiri tanpa ada tambahan kursi dari partai lain. Begitu juga dengan Partai Gerindra, meski partai besutan Prabowo Subianto ini hanya memiliki 3 kursi, yakni Eko Irianto, Lewi Syalubu dan Slamet Suryadi.
Sedangkan partai lain berkoalisi yang membentuk fraksi gabungan, adalah Partai Demokrat yang mendapat tambahan kursi dari Partai Berkarya serta Partai Nasdem yang berkoalisi dengan Partai Perindo.
“Tapi itu belum final, karena baru akan ditetapkan sebagai alat kelengkapan dewan setelah pimpinan definitif selesai di pilih dan ditetapkan,” ujar Rasimin.
Untuk memilih Ketua Definitif DPRD Kabupaten Sorong periode 2019-2024, Partai Golkar yang memiliki jatah di kursi itu, sudah mengusulkan tiga nama ke DPD Golkar Provinsi Papua Barat, yakni Mawardi Nur, Rasimin dan Adam Klow.
Menurut Adam Klow, nama-nama kandidat Ketua itu diusulkan berdasarkan perolehan suara dalam pemilu, pernah duduk sebagai unsur pimpinan di DPRD serta kader partai. “Jadi memang ada persyaratan yang harus terpenuhi, untuk bisa diusulkan menjadi kandidat Ketua,” kata Adam Klow.
Dari nama yang naik ke DPD Golkar Provinsi, selanjutkan akan dikirim ke DPP Partai Golkar untuk menentukan siapa kader yang dipilih partai untuk menjabat sebagai ketua, sebelum akhirnya disahkan sekretariat dewan dengan menerbitkan SK.
“Mungkin akhir bulan ini 1 nama yang dipilih DPP untuk menjadi Ketua DPRD Sorong sudah keluar, dan segera disahkan,” pungkas Adam Klow.

Anda mungkin juga berminat