Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Herman: JKN-KIS Bukti Nyata Pemerintah Untuk Warga Kecil Seperti Kami

0 12

Sorong, TN – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia SehatJKN-KIS merupakan bukti hadirnya pemerintah untuk masyarakat indonesia melalui jaminan kesehatan sejak 2014. Seperti yang dirasakan keluarga dari peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI), Herman (46).

Saat ditemui, Senin (13/05) di daerah Kampung Pisang Sorong, ia dan istri, Indrawati yang sedang berjualan aneka takjil untuk menu berbuka ini senantiasa menyambut dan menceritakan pengalamannya dalam memanfaatkan kartu JKN-KIS miliknya sejak 2014 yang lalu.

“Semenjak mendapatkan kartu ini, beban keluarga kami serasa berkurang, anak kami 5 dan pendapatan keluarga tidak menentu dari pekerjaan saya. Sebelum merasakan manfaatnya dari awal sudah sangat bersyukur mendapatkan kartu ini dengan bantuan pemerintah iurannya. Kami jadi tidak lagi memikirkan biaya iuran setiap bulannya dan biaya jika sewaktu-waktu anak sakit,” cerita Herman.

Herman menambahkan, dengan adanya Program JKN-KIS ini sangat membantu masyarakat tidak hanya dalam pengobatan yang besar-besaran seperti operasi dan sejenisnya, tetapi juga merasa sangat terbantu bahkan untuk hal-hal kecil seperti pengobatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) jika anak sakit demam dan lain-lain.

Tambahnya, dengan baiknya alur dan pelayanan yang diberikan pihak FKTP terhadap masyarakat sudah membuktikan seberapa pedulinya pemerintah untuk masyarakat.

Herman menceritakan, sejak terdaftar sebagai peserta JKN-KIS ia dan keluarga terdaftar di Puskesmas Malaimsimsa, namun karena belum beroperasional maka Herman mencoba ke Puskesmas Remu.

Awalnya ia sempat memikirkan bahwa kartunya tidak akan diterima pihak Puskesmas karena berbeda dengan yang terdaftar. Herman pun sempat was-was memikirkan biaya pengobatan sang anak. Lalu ia dibuat kagum karena dari pihak Puskesms masih menerima karena darurat dan kejadian pertama, ia pun diberi arahan dengan baik oleh petugas untuk segera mengganti faskesnya ke yang terdekat agar kedepannya dapat mempermudah alur pengobatan.

“Saya pun ke Kantor BPJS Kesehatan Sorong dan segera merubah FKTP saya. Alhamdulillah perawatan anak saya sampai lukanya sembuh tidak mengalami kendala sama sekali, rasanya sangat bersyukur dibantu oleh pemerintah untuk hal-hal kecil seperti kami warga kecil ini. Kami ingin berterimakasih untuk seluruh pihak yang membantu adanya BPJS Kesehatan ini dan untuk masyarakat Indonesia yang menguatkan sistem gotong royong dari program ini,” tutupnya sambil tersenyum.

Anda mungkin juga berminat