Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Hasil Temuan BPK RI Mulai Dikembalikan OPD Pemkab Morotai

0 135

Ternate, TN – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai mulai mengembalikan anggaran hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut) ke kas daerah.

Pasalnya, BPK RI Perwakilan Provinsi Maluku Utara menemukan adanya kejanggalan dalam pengelolaan anggaran di puluhan OPD di lingkup Pemkab Morotai tahun anggaran 2016-2018 bernilai miliaran rupiah, dan yang baru dikembalikan, hanya sebesar Rp 350 juta.

Kepala Inspektorat Pulau Morotai, Marwanto P Soekidi yang dikonfirmasi membenarkan temuan tersebut. Pihaknya, kata dia, sudah menindaklanjuti hasil temuan tersebut dengan menginformasikan kepada sejumlah OPD, agar hasil temuan itu segera dikembalikan ke kas daerah.

“Nah, jadi angka temuan yang paling besar hingga mencapai miliaran rupiah itu, pada pengelolaan anggaran tahun 2016-2017. Sementara untuk tahun 2018, temuan BPK itu hanya sekitar Rp 25 juta lebih. Di tahun 2018 ini sudah bagus untuk tata kelola keuangannya, karena dilihat dari angka temuan itu hanya sedikit,” kata Marwanto kepada wartawan, saat dihubungi dari Ternate, Sabtu (2/10).

Untuk itu dia berharap, pengelolaan keuangan di setiap OPD lingkup Pemkab Morotai akan lebih baik lagi, agar tidak ada lagi temuan oleh BPK RI.

“Saya meminta OPD-OPD itu harus segera mengembalikan temuan-temuan itu secepatnya ke kas daerah,” pinta dia.

Anda mungkin juga berminat