Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Habel Yadanfle Terpilih Sebagai Ketua DPRD, Begini Kata Johny Kamuru, Ketua DPD Golkar

0 177

Aimas, TN – Sebagai peraih kursi terbanyak di gedung DPRD Kabupaten Sorong, Partai Golkar berhak atas kursi Ketua, dibanding partai lain. Untuk menentukan siapa yang paling pas duduk di kursi ketua, partai berlambang pohon beringin ini mengirimkan sejumlah nama ke DPD I Partai Golkar di Papua Barat, untuk diteruskan ke DPP.

“Itu sudah menjadi mekanisme dan kewenangan partai dalam menentukan siapa yang akan duduk sebagai Ketua. Kami yang ada di DPD II, hanya mengusulkan nama-nama itu,” ujar Adam Klow, politisi Golkar yang terpilih kembali duduk di kursi DPRD Kabsor periode 2019-2024 saat wawancara dengan Teropongnews, 9 Oktober 2019 di Kantor Baperlitbang Kabupaten Sorong.

Mantan Ketua DPRD Kabsor periode 2014-2019 ini menyebut hanya ada 3 nama yang diusulkan ke DPD, yakni Mawardi Nur, Rasimin SE, dan dirinya. Untuk bisa diusulkan sebagai calon Ketua, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi, yakni perolehan suara saat pemilihan, pengurus DPD II, kader partai, serta pernah menjabat sebagai unsur pimpinan di DPRD.

Dalam pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu, sesuai penetapan yang dilakukan oleh KPUD Kabupaten Sorong, Adam Klow mendapat suara sebanyak 1.708, Rasimin SE 1.710 suara, Mawardi Nur 1.824 suara. Ini adalah peraih suara tiga besar dari 7 kader partai Golkar yang terpilih duduk di kursi DPRD. Di bawah mereka, ada Yuanis Tri Setyo Utami ( 1.650 suara), Habel Yadanfle (1.478 suara), Heri Purwanto (1.388 suara) dan Margaretha Karangan (1.031 suara).

Kata Adam Klow, dari tiga nama yang sudah diusulkan ke DPD II dan diteruskan ke DPP, paling lambat pada awal November sudah ada keputusan satu nama yang ditetapkan sebagai Ketua Definitif. “Nama ini yang kemudian akan diproses oleh Ketua Sementara dan Sekretariat Dewan, untuk dilantik sebagai Ketua Definitif,” kata Adam Klow.

Dalam pelantikan anggota DPRD Kabupaten Sorong pada 30 September 2019 lalu, Adam Klow menyerahan palu sidang kepada Habel Yadanfle yang telah ditunjuk sebagai Ketua Sementara. Mengemban jabatan itu, tugas pokok dan fungsi Habel adalah menjalankan kegiatan DPRD, mulai membentuk alat kelengkapan dewan, fraksi, komisi, badan anggaran maupun badan kehormatan.

Tetapi penjelasan yang berbeda, disampaikan Habel Yadanfle SH. Meski dalam pemilu legislatif perolehan suara dirinya berada di urutan ke lima, sebagai Ketua Sementara DPRD Kabsor, saat itu dia juga masuk dalam bursa Ketua Definitif yang diusulkan ke DPD I dan diteruskan ke DPP.

“Tidak ada aturan yang melarang Ketua Sementara diusulkan sebagai Ketua Definitif. Kalau ada yang bilang Ketua Sementara tidak bisa diusulkan menjadi Ketua Definitif, mari bawa sini aturannya, kita baca bersama-sama, pasal berapa? Ayat berapa?” ujar Habel.

Baca juga : https://www.teropongnews.com/teka-teki-siapa-ketua-dprd-kabsor-terjawab-ini-dia-orangnya/

Faktanya, dalam Sidang  Paripurna DPRD Kabupaten Sorong dalam Rangka Peresmian dan Pengangkatan Serta Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Sorong, Jumat (1/11/2019), Habel Yadanfle SH dilantik sebagai Ketua Definitif DPRD periode 2019-2024.

Ini sesuai dengan Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dalam Surat Keputusannya Nomor 170/225/10/2019 tentang Peresmian dan Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Sorong masa jabatan 2019-2024.

Surat Gubernur sendiri terbit setelah membaca Surat Bupati Sorong Nomor 070/1473 tanggal 23 Oktober 2019 perihal Penyampaian Proses SK Gubernur tentang Pengangkatan/Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Sorong periode 2019-2024.

Bupati Sorong Johny Kamuru yang juga Ketua DPD II Partai Golkar, saat ditemui Teropongnews usai pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Definitif, mengatakan,”sebagai kader partai yang ada di daerah, kita selalu patuh apa yang sudah menjadi keputusan DPP. Kalau turunnya seperti itu, ya kita bersyukurlah,”.

Sebagai pucuk pimpinan Partai Golkar di Kabupaten Sorong, Johny Kamuru yakin seluruh kader partai Golkar pasti bisa menerima, dan siap menjalankan amanah dari DPP. “Sudah menjadi komitmen seluruh kader partai, ya harus kita terima. Ini bagian dari tanggungjawab yang diberikan DPP. Ini bagian dari porses pembelajaran politik yang harus diikuti semua kader,” katanya.

Adam Klow, (berdiri nomor 3 dari kiri, di deretan kursi nomor dua dari depan),mantan Ketua DPRD Kabupaten Sorong periode 2014-2019 menyeka wajahnya dengan tisu, saat prosesi pengambilan sumpah jabatan Ketua Definitif DPRD Kabsor periode 2019-2024. (Foto:Tantowi/TN)

Pantauan Teropongnews, selama prosesi pengambilan sumpah jabatan Ketua dan Wakil Ketua hingga penyerahan Palu Sidang kepada Ketua DPRD Definitif, Adam Klow hanya tertunduk di deretan kursi anggota baris kedua dari depan. Sesekali dia menyeka wajahnya dengan tisu.

Sebagai Ketua Sementara yang kemudian dilantik sebagai Ketua Definitif, Habel Yadanfle menerima penyerahan Palu Sidang dari Nus Kadrun Litiloly, kader PDI Perjuangan yang sebelumnya menjabat sebagai wakil Ketua Sementara bersama Habel Yadanfle. **

Anda mungkin juga berminat