Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gubernur PB Patok Pelebaran Ruas Jalan Esau Sesa Hingga Maruni

0 139

Manokwari,TN- Dinilai tak layak, untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas, serta mengurai kemacetan maka pemerintah Provinsi Papua Barat dan Pemda Kabupaten Manokari membuka ruas jalan nasional sepanjang Jl Drs Esau Sesa hingga Maruni.

Pelebaran jalan ini diawali dengan pematokan awal yang dilakukan Gubernur, Drs Dominggus Mandacan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua Barat.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Papua Barat, Heri G.N. Saflembolo mengatakan, pelebaran jalan nasional ini sepanjang 21 Kilo meter dengan pelebaran 25 meter ke samping
Sehingga ruas jalan ini bisa menampung semua kenderaan yang melewati jalan ini, kecelakan lalu lintas pun berkurang.

“Sebelum kami lakukan pekerjaan ini, pada tahun 2018 lalu kami sudah memsosialisasikan kegiatan ruas jalan Esau Sesa hingga Maruni sehingga masyarakat yang berdomisili sepanjang ruas jalan ini sudah mendukung,” ujarnya saat menyampaikan laporan di Manokwari, Rabu (13/2).

Sedangkan Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan menegaskan, ruas jalan Esau – Maruni harus didukung semua pihak karena menghubungkan 12 kabupaten/ Kota.

“Semua pihak harus mendukung pelebaran ruas jalan ini karena juga mendukung tingkat perekonomian masyarakat di Manokwari dan Papua Barat,” ucap Dominggus Mandacan.
Wakil Bupati Manokwari, Drs Edy Budoyo mengatakan, pihaknya juga mendukung penuh pelebaran jalan Esau Sesa – Maruni supaya pengembangan Ibukota Provinsi Papua Barat ini.

“Kami Pemda Manokwari siap mendukung pelebaran jalan nasional ini, jika ada kendala dalam pekerjaan ini kami akan membantu untuk melakukan pendekatan secara persuasif,” pungkasnya.

Pelebaran ruas jalan nasional ini bersumber dari Anggaran Pendapat dan Belanja Nasional (APBN) tahun 2019.(*)