Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gubernur Maluku: Seni dan Qasidah Gambus Miliki Peran Penting Dalam Peradaban Umat

0 88
PERAN PENTING – Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kota Ambon resmi menggelar festival seni dan qasidah gambus skala besar tingkat Kota Ambon, yang berlangsung di Gedung Ashari-Alfatah Ambon. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Gubernur Maluku, Murad Ismail mengaku, seni dan qasidah gambus memiliki peran penting, dalam peradaban umat dan bangsa dewasa ini.

“Selain dikenal sebagai seni dan budaya yang bernuansa islam, qasidah gambus juga dikenal sebagai media dakwah yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan-pesan agama, melalui nada dan lagu,” kata Gubernur, dalam sambutannya tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Hamin Bin Tahir saat membuka festival seni dan qasidah gambus skala besar tingkat Kota Ambon bertempat di Gedung Ashari-Alfatah Ambon, Kamis (29/8/2019) pagi.

13 Kategori siap dilombakan mulai hari ini hingga 30 Agustus 2019 mendatang. Demikian rilis yang diterima Teropongnews.com dari Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Kota Ambon.
Gubernur berharap, festival ini dapat membentuk karakter generasi muda yang memiliki tingkat keadaban yang tinggi. Dijelaskan, Pemerintah Provinsi Maluku sangat berkepentingan dalam melestarikan nilai-nilai seni dan budaya, karena pengembangan dan pelestarian seni budaya merupakan salah satu strategi pembangunan daerah terutama membangun industri pariwisata Provinsi Maluku.
Ditempat yang sama Ketua Umum DPD Lasqi Kota Ambon, Radhiyah Zhafirah Syarif mengatakan, penyelenggaraan festival seni dan qasidah gambus skala besar tingkat Kota Ambon ini, dalam rangka mewujudkan visi Pemerintah Kota Ambon untuk menjadikan Ambon yang harmonis, sejahtera dan religius.
Menurut dia, terlibatnya partisipasi publik, adalah bagian dari strategi pembangunan Kota Ambon untuk Tarus Benahi Ambon yang termanivestasi melalui perwujudan hamonisasi sosial serta nilai-nilai spiritualitas yang bersumber dari kepercayaan masing-masing dan kearifan budaya lokal. “Dengan Seni Qasidah Mari Jadikan Ambon Pono Deng Musik”, merupakan tema festival seni dan qasidah gambus.
“Tema ini dipilih DPD Lasqi Kota Ambon, selain menyesuaikan dengan tema perayaan HUT ke 444 Kota Ambon, namun juga sebagai bentuk dukungan kepada Kota Ambon menuju kota musik dunia, sebab seni qasidah juga merupakan bagian dari musik,” tandas dia.
Diketahui terdapat 60 peserta akan bersaing menjadi yang terbaik pada 13 kategori yang dilombakan diantaranya, bintang vokalis anak-anak putera, bintang vokalis anak-anak puteri, bintang vokalis remaja putera, bintang vokalis remaja puteri, bintang vokalis dewasa putera, bintang vokalis dewasa puteri, bintang vokalis pop religi putera, bintang vokalis pop religi puteri, kategori group rebana klasik remaja putera, kategori group rebana klasik remaja puteri, kategori group rebana klasik dewasa putera, kategori group rebana klasik dewasa puteri, dan kategori kolaborasi.
Festival Seni dan Qasidah Gambus diawali dengan pengukuhan dewan juri oleh Sekretarsi Daerah Provinsi Maluku, Hamin Bin Tahir sekaligus membuka secara resmi perlombaan.

Anda mungkin juga berminat