Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gempa Bumi Guncang Sejumlah Wilayah Di Maluku

0 49

Ambon, TN – Gempa bumi menguncang sejumlah wilayah di Provinsi Maluku pada Selasa (18/6) sore hingga malam. Awalnya pada pukul 17.44 WIT gempa bermagnitudo 4.3 mengguncang wilayah Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Gempa bumi tersebut dirasakan warga di wilayah setempat dengan skala II MMI.

Kemudian pada pukul 23.27 WIT, Gempa tektonik bermagnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Gempa bumi itu berada pada titik koordinat 7.66 Lintang Selatan dan 128.99 Bujur Timur atau berjarak 67 km bagian barat Tepa dan 129 km timur laut Tiakur, Maluku Barat Daya.

Berdasarkan data yang diterima Teropongnews.com dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Ambon, Rabu (19/6), gempa tersebut berpusat di laut dengan kedalaman 96 km di bawah permukaan laut.

Namun demikian, belum ada laporan terkait dengan kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Untungnya, BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

BMKG Pusat telah menetapkan Provinsi Maluku termasuk dalam salah satu daerah rawan gempa di Indonesia. Pasalnya, Maluku berada pada pertemuan tiga lempeng besar yakni Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

Lempeng Indo Australia masuk ke bawah Eurasia lalu bertemu Lempeng Pasifik. Pertemuan kedua lempeng tersebut telah menyebabkan terjadi patahan yang tidak beraturan, sehingga kerap memicu terjadinya gempa bumi di wilayah Maluku.

Anda mungkin juga berminat