Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gelombang Capai 3 Meter, BMKG Stasiun Baabullah Ternate Keluarkan Peringatan Dini

0 88

Ternate, TN – Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Baabullah Ternate, akhirnya mengeluarkan peringatan dini terkait tinggi gelombang, Minggu (4/8), untuk beberapa wilayah perairan di Maluku Utara.

Pasalnya, gelombang yang hampir mencapai 3 meter di sejumlah perairan. Seperti di depan Pelabuhan Bastiong Ternate, angin selatan-barat laut 2-20 knots, dengan tinggi gelombang 0.75-2 meter. Bukan saja itu, perairan di sekitar kawasan Pelabuhan Rum Tidore, angin selatan-barat laut 2-20 knots, dengan tinggi gelombang 0.5-2 meter.

Akibat tingginya gelombang ini, Penanggung Jawab Lapangan Pelabuhan Penyeberangan Ferry Rum Tidore, Arham Ibrahim mengaku, pihaknya dikonfirmasi pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ternate, agar untuk sementara waktu menghentikan operasional kapal.

“Kita tentunya akan melihat perkembangan cuaca dan kondisi gelombang. Jika sudah membaik, maka pelayaran akannkita lakukan seperti biasanya,” kata dia kepada wartawan, di Ternate, Senin (5/8).

Sesuai jadwal, menurut dia, dalam sehari kapal ferry akan melayani 4 kali pelayaran untuk rute Ternate- Tidore pulang pergi (PP). “Akan tetapi karena faktor cuaca, makanya ditunda. Ini sudah terjadi sejak Jumat kemarin,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat