Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Bawaslu Merauke Fokus Cegah Sengketa Pilkada 2020

0 61

Merauke, TN – Bawaslu Provinsi Papua melakukan rapat evaluasi sengketa Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) dan Pemilhan Legislatif (Pileg) 2019, yang diikuti oleh divisi sengketa Bawaslu kabupaten di 29 kabupaten/kota se Provinsi Papua. Hal ini untuk melihat kembali setiap proses sengketa yang terjadi selama Pemilu 2019.

Selain itu, kegiatan tesrsebut sebagai bentuk kesiapan Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 nanti.

“Kita membahas bagaimana proses sengketa itu berjalan, baik sengketa yg diselesaikan di tingkat mediasi maupun di tingkat ajudikasi, serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam proses tersebut sebagai kesiapan dalam menghadapi Pilkada 2020,” jelas Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Merauke, Felix Tethool, Selasa (12/11) saat dikonfirmasi melalui telepon.

Ia menyebutkan, dalam Pemilu 2019 kemarin, Merauke hanya mendapatkan satu permohonan sengketa dan dapat dilselesaikan dengan baik tanpa kesulitan, sesuai ketentua UU maupun peraturan yang berlaku.

Pada pertemuan yang dilaksanakan di Jayapura Senin (11/11) malam kemarin, Bawaslu Provinsi menekankan upaya pencegahan maksimal untuk meminimalisir potensi sengketa yang bisa terjadi dalam Pemilukada, khususnya di 11 kabupaten termasuk Kabupaten Merauke yang akan melaksanakan Pilkada 2020.

Usai evaluasi, selanjutnya,dalam waktu dekat, Bawaslu Merauke akan melaksanakan perekrutan Panitia Pengawas (Panwas) Distrik (PPD) di 20 distrik se-Kabupaten Merauke.

“Tentu, ada tahapan yang harus dilalui dalam perekrutan, yang pasti punya integritas tinggi, tidak teraviliasi dengan Partai Politik (Parpol) maupun pasangan calon,” tandasnya.

Anda mungkin juga berminat