Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gelar Pemilihan Kepala Kampung, Pemda Raja Ampat Pinjam 87 Kotak Suara KPU

0 158

Gelar Pemilihan Kepala Kampung, Pemda Raja Ampat Pinjam 87 Kotak Suara KPU

Waisai, TN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Raja Ampat, meminjamkan 87 kotak suaranya kepada Pemkab Raja Ampat, dalam rangka pesta pemilihan kepala kampung serentak se-kabupaten Raja Ampat. Peminjaman tersebut berlangsung di kantor KPU Raja Ampat, Kamis (11/7).

Peminjaman kotak suara tersebut, berdasarkan surat bernomor 100/375/Setda/VII/2019 tentang peminjaman kotak suara.

Ketua KPU Raja Ampat, Steven Eibe, S.STP, menyampaikan terkait dengan surat peminjaman yang diberikan kepada KPU, dirinya telah berkonsultasi dengan komisioner lainnya, dan mendapatkan persetujuan atas rencana inisiatif Pemda ini.

Ia pun mengapresiasi inisiatif Pemda Raja Ampat ini dalam rencana Pemilihan Kepala Kampung serentak. Menurutnya, pemilihan pucuk pimpinan kampung di pelosok-pelosok Raja Ampat nantinya akan membantu pendidikan politik di Raja Ampat dengan membiasakan masyarakat Raja Ampat tentang mekanisme kepemiluan.

“Lalu pesan saya, Kotak suara ini jangan disalahgunakan. Mohon nanti ditutup logo KPU dan identitas kotak lainnya saat proses Pilkades nanti. Dan setelah digunakan, segera dikembalikan kepada kami,” ujar Steven Eibe.

Asisten I Bidang Pemerintahan kabupaten Raja Ampat, Muhidin Umalelen menyampaikan bahwa Pilkades serentak ini baru pertama kali dilaksanakan se-Papua Barat. Sehingga membutuhkan logistik, khususnya yang cukup representatif yakni kotak suara dalam jumlah 87 kotak.

“Proses peminjaman ini resmi dilakukan agar menghindari kabar hoax jika pemahaman yang timbul di masyarakat adalah KPU melaksanakan Pemilihan Suara Ulang (PSU). Akan kami laksanakan seluruh pesan yang diminta oleh KPU Raja Ampat,” ujar Muhidin Umalelen.

Anda mungkin juga berminat