Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gelar “Coffee Night” Bersama, Dandim 1805/Raja Ampat Ajak Wartawan Perangi Berita Hoax

0 99

Waisai, TN- Guna mempererat tali silahturahmi antara TNI-AD dan media di Waisai Raja Ampat, Dandim 1805/Raja Ampat, Letkol Inf Josep Paulus Kaiba, ajak wartawan “Coffee Night” bersama di salah satu cafe di kawasan pantai WTC Raja Ampat, Selasa malam (17/9).

Dalam pertemuan tersebut, Dandim bersam awak media membahas situasi yang berkembang di wilayah Papua dan Papua Barat, salah satunya adalah memerangi berita-berita hoax di kalangan masyarakar.

“Saya berharap kepada teman-teman media supaya mengantisipasi berita-berita hoax yang beredar, apalagi yang disebarkan oleh kelompok separatis dan media dari luar,” ujar Dandim 1805/Raja Ampat.

Selain diminta untuk menangkal berita-berita hoax, khususnya di Raja Ampar, wartawan juga diminta untuk menyikapi situasi saat ini di tanah Papua. “Menyikapi dinamika seperti ini mengharuskan aparat keamanan TNI/Polri dan Pers harus meningkatkan kesiapsiagaan,” kata Dandim.

Dandim juga minta agar awak media boleh menerima informasi dari mana saja, namun redaksinya agar dibuat sedemikian agar tidak memprovokasi dan membuat orang tersinggung.

Menurutnya, suasana kehidupan sosial saat ini di Papua maupun Papua Barat sangat rentan, meskipun daerah yang menyebabkan konflik ditempat lain, namun dampaknya bisa dirasakan di Raja Ampat.

Dikatakan, bisa saja melalui berita-berita atau postingan lewat media sosial dibaca oleh semua kalangan dan dapat ditafsirkan berbeda beda menurut pemahaman masing masing.

“Oleh karena itu media berperan sebagai kontrol sosial secara dua arah, yaitu kepada masyarakat harus menjadi penenang dan kepada pemerintah harus mengingatkan agar memegang kendali dan mengkondisikan agar semua permasalahan under control,” jelasnya.

Pertemuan Dandim 1805/Raja Ampat dengan awak media di Waisai ini, salah satunya sebagai upaya pembinaan kepada awak media agar tidak mempublikasikan berita yang dapat menyebabkan perpecahan, terutama dalam menghadapi permasalahan rasisme saat ini.

Dalam pertemuan itu juga membahas terkait rencana kegiatan Kodim 1805/Raja Ampat dalam menyambut HUT TNI pada tanggal 05 Oktober 2019 nanti di Pantai WTC.

Anda mungkin juga berminat