Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gedung Kampus IAIN Ambon Semakin Memprihatinkan

0 88

Ambon, TN – Gedung kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon semakin memprihatinkan. Pasalnya, sejumlah dinding bangunan di kampus itu mulai runtuh, akibat hujan dan angin kencang yang menerpa sejumlah wilayah di Kota Ambon beberapa hari belakangan ini.

Menyikapi hal tersebut, Staf Teknis Dinas Pekerjaan Umum Provinsi dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku, Iwan mengatakan, dugaan sementara yakni, adanya penurunan permukaan tanah lantaran di lokasi sekitar gedung tanahnha berstruktur liat.

“Sehingga jika ada curah hujan dengan intensitas tinggi, maka akan menyebabkan tanah menjadi mencair, yang berakibat pada pergeseran tanah,” kata Iwan saat dihubungi Teropongnews.com, dari Ambon, Jumat (7/6).

Menurut dia, kondisi tersebut berpotensi mengakibatkan pergerakan tanah. Apalagi, daerah di sekitar gedung itu merupakan area timbunan tanah.

“Itu analisis sementara karena sedang hujan. Yang terpenting bagaimana melakukan pencegahan dengan menutup bagian retakan tanah supaya tidak menimbulkan kerusakan lainnya,” kata Iwan.

Sebelumnya, Kepala Bagian Humas IAIN Ambon, Amiruddin mengaku, gejala-gejala kerusakan parah akibat tanah bergerak sudah terlihat sejak pekan lalu. Kondisi ini semakin diperparah dengan hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Ambon sejak Minggu (2/6).

Menurut Amiruddin, kerusakan terparah terjadi pada bangunan perpustakaan. Sedangkan Laboratorium MIPA, Fakultas Tarbiyah, mengalami keretakan di bagian belakang gedung hingga dinding dan jendela ambruk. “Sementara bagian depan bangunan auditorium juga rusak. Tapi kami bersyukur, tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini,” tandas Amiruddin.

Anda mungkin juga berminat