Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Gagal Jadi Ketua DPRD, Tiga Politisi Golkar Duduki Semua Kursi Ketua Komisi

0 426

Aimas, TN – Adam Klow, politisi Partai Golkar yang gagal menjadi Ketua DPRD Kabupaten Sorong periode 2019-2024, akhirnya mendapat jatah kursi Ketua Komisi dalam formasi Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Dalam penyusunan AKD Kabupaten Sorong periode 2019-2024, terdapat tiga komisi yang dibentuk, yakni Komisi A, Komisi B dan Komisi C. Adam Klow yang sebelumnya masuk dalam nominator calon Ketua DPRD yang diusulkan ke DPD I Partai Golkar Provinsi Papua Barat, duduk sebagai Ketua Komisi A, yang membidang Hukum dan Pemerintahan.

Sebagai Wakil, ada nama Slamet Suryadi dari Partai Gerinda, dengan anggota Marthinus Ulimpa, Nurtina Lasaka, Manuel Syatfle, Winardi dan Margaretha Karangan.

Sekretaris DPRD Kabupaten Sorong, Marthen Pajala MSi saat dihubungi Teropongnews, membenarkan pembentukan AKD itu. “Iya, sudah dibentuk dan disahkan melalui SKT Ketua DPRD Kabupaten Sorong,” kata Sekretaris DPRD Kabupaten Sorong, Marthen Pajala M.Si, Rabu (13/11/2019).

Dalam penentuan Ketua DPRD Kabupaten Sorong, Partai Golkar yang mendapat suara mayoritas di parlemen mengusulkan sejumlah nama ke DPD I Golkar Papua Barat. Versi Adam Klow, ada tiga nama yang saat itu direkomendasikan, yakni Adam Klow, Marawdi Nur dan Rasimin. Tapi versi Habel Yanadfle yang kini duduk sebagai Ketua DPRD, ada empat nama yang diusulkan, yakni Habel Yadanfle, Adam Klow, Mawardi Nur dan Rasimin.

Gubernur Papua Barat Drs. Dominggus Mandacan dalam Surat Keputusannya Nomor 170/225/10/2019 tentang Peresmian dan Pengangkatan Pimpinan DPRD Kabupaten Sorong masa jabatan 2019-2024, menetapkan Habel Yadanfle SH sebagai Ketua, Suwarji (PDI Perjuangan) sebagai Wakil Ketua I dan Adam Syatfle SE (Demokrat) sebagai Wakil Ketua II.

Rasimin sendiri akhirnya duduk sebagai Ketua Komisi B yang membidangi Perekonomian dan Keuangan, dengan Wakil Suprapto, dan anggota Lewi Syalubu, Isack F.A Yable, Yuanis Tris Setyo Utami, Handri Haji Kadir, Ismawati dan Tarmuji.

Sedangkan Mawardi Nur, duduk sebagai Ketua Komisi C bidang Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, dan Wakilnya Nus Kadrun Litiloly, dengan anggota Eko Irianto SE, Heri Purwanto, Sarsito, Sem Mugu dan Ir. H Rokhman.

Formasi komisi ini ditetapkan sejak 1 November 2019 lalu, oleh Ketua DPRD Kabupaten Sorong, Habel Yanadfle.

Sementara untuk komposisi Badan-Badan, Habel Yanadfle menjabat dua kursi ketua, yakni di Badan Musyawarah DPRD dan Badan Anggaran. Sedangkan Badan Pembentukan Peraturan Daerah, diketuai Nus Kadrun Litiloly.

Sedangkan untuk Badan Kehormatan DPRD, Ketuanya adalah Suprapto dengan anggota Margaretha Karangan dan Sarsito SE. **

Anda mungkin juga berminat