Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Enam Bulan Tidak Digaji, Karyawan Hotel Mengadu Ke Disnakertrans

1 93

Merauke, TN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Merauke memediasi pengaduan karyawan Hotel Asmat Merauke perihal tidak dibayarkan gaji selama enam bulan oleh pihak hotel.

Melin Melani, Kepala Seksi Hubungan Industrial Perlindungan dan Kelembagaan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Merauke mengatakan, pihaknya tetap melayani pengaduan dari masyarakat dengan melakukan mediasi.

“Kita lakukan mediasi mencari jalan terbaik antara kedua belah pihak supaya ada keadilan antara keduanya,” jelasnya dalam mediasi di ruang pertemuan Disnaker Trans, Rabu (19/06/19).

Manager Hotel Asmat Merauke, Simon Balagaize pada kesempatan itu menyatakan bersedia akan membayarkan gaji yang masih tertunda di awal bulan Juli 2019. Selain itu, ia sempat menjelaskan bahwa pemasukan yang tidak sesuai target menjadi penyebab gaji karyawan belum dibayarkan.

Belum lagi biaya operasional yang terus berjalan siang dan malam, sehingga sangat diharapkan ada pengertian dari para karyawan agar tetap bersabar untuk gajinya dibayarkan.

Di satu sisi, para karyawan juga punya tuntutan biaya hidup dan kebutuhan keluarga, sehingga sangat berharap agar mereka diberikan upah setiap bulannya.

Dengan kondisi atau keadaan hotel yang demikian saat ini, pihak pengelola diminta mempunyai strategi paten guna mengatasi masalah yang ada.

“Apabila tidak dilaksanakan, dinas akan memberikan teguran, peringatan dan kalau sampai berulang kali maka bisa dilakukan penutupan sementara,” ucap Melin Melani.

Anda mungkin juga berminat