Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Eksepsi Ming Ho Ditolak Majelis Hakim Pengadilan Negeri Sorong

0 276

Sorong, TN- Sidang lanjutan kasus tindak pidana Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan terdakwa Henock Budi Setyawan alias Ming Ho anak Parman kembali di Pengadilan Negeri kelas IB Sorong, Selasa (28/5).

Sidang kali ini beragendakan pembacaan putusan sela oleh majelis hakim, atas eksepsi yang diajukan kuasa hukum terdakwa Ming Ho.

Pada sidang sebelumnya dengan agenda pembacaan eksepsi oleh kuasa hukum terdakwa, terdapat 5 poin yang disampaikan kepada majelis hakim untuk mengambil putusan diantaranya.

Agar majelis hakim menerima keberatan (eksepsi) dari kuasa hukum terdakwa Henok Budi Setiawan, Menyatakan surat dakwaan Penuntut Umum sebagai dakwaan yang dinyatakan batal demi hukum atau setidak-tidaknya tidak diterima, Menyatakan perkara e-quo tidak diperiksa lebih lanjut, Memulihkan harkat martabat dan nama baik Henock Budi Setiawan dan Membebankan biaya perkara kepada negara.

Namun, eksepsi kuasa hukum Henock Budi Setyawan alias Ming Ho anak Parman tersebut ditolak oleh jaksa pada sidang ketiga, Senin (27/5).
Dalam persidangan, jaksa mengatakan menolak semua eksepsi atau nota keberatan dari penasihat hukum terdakwa Ming Ho.

Kemudian pada sidang keempat dengan agenda Putusan Sela, oleh majelis hakim Hanifsar, S.H, M.H, didampingi hakim anggota, Gracelyn Manuhutu, S.H, dan Dinar Pakpahan, S.H, M.H, dengan tegas menolak nota keberatan (eksepsi) Penasehat Hukum terdakwa.

Atas penolakan eksepsi tersebut, JPU dapat mengajukan upaya hukum, bersama dengan pokok perkara, maka selanjutnya sidang JPU dipersilahkan menghadirkan saksi dan bukti-bukti pada persidangan berikutnya.

Terkait penolakan eksepsi yang diajukan Penasehat Hukum terdakwa, maka Penasehat Hukum terdakwa, Alexi Sasube, S.H, menerima hal itu, karena mutlak merupakan kewenangan majelis hakim.

“Kami pada dasarnya menerima penolakan terhadap eksepsi yang kami ajukan itukan merupakan hak dari hakim untuk memutuskan, tinggal bagaimana kita mempersiapkan diri dan fokus untuk sidang selanjutnya,” jelas Alex Sasube.

Anda mungkin juga berminat