Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Duta Atletik Maluku Pawai Keliling Kota Ambon

0 80

Ambon, TN – Duta-duta olahraga asal Maluku yang berlaga pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas)/Pra PON XX atletik di Stadion Pakansari, Cibinong-Bogor akan kembali ke Ambon. Rombongan yang dipimpin, Chris Timisela beserta 2 pelatih dan 11 pelari, tiba di Ambon dengan menggunakan salah satu pesawat reguler, Kamis (8/8), sekitar pukul 14.50 WIT. Setelah tiba, para atlet berprestasi ini, langsung diarak mengelilingi Kota Ambon.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A G Latuheru mengatakan, prestasi yang diukir Duta Maluku dalam kejuaraan nasional itu sangat membanggakan, walau memang diakui, persiapan yang dilakukan terkesan apa adanya.

“Prestasi yang diukir salah satu pelari yakni Alvin Tehupeiory dengan memecahkan rekor nasional di nomor lari 200 meter putri, adalah suatu yang membuat semua mata tertuju kembali ke Maluku untuk cabang atletik,” kata Sekkot saat proses penjemputan.

Bahkan, sumbangan medali perak di nomor 4X400 meter putra yang ditorehkan Maluku, adalah sebuah prestasi yang diluar ekspektasi semua pihak. Sebab memang, Maluku tak diunggulkan di nomor tersebut.

“Memang ketika mengikuti Kejurnas Atletik tersebut, mereka membawa nama Maluku, namun tak salah jika Pemerintah Kota Ambon menerima mereka dengan sukacita dan melakukan pawai keliling kota, karena rata-rata pelari tersebut adalah atlet Kota Ambon,” ucap Sekkot.

Untuk diketahui, Maluku dalam Kejurnas atletik 2019 berhasil memperoleh 8 medali yakni 4 medali emas, 2 medali perak dan 2 medali perunggu. Medali emas didapat oleh Alvin Tehupeiory di nomor 100 dan 200 meter putri. Bahkan Alvin pada lari 200 meter putri, mencatatan waktu 23.76 detik sekaligus memecahkan rekor sebelumnya yang dibuat pelari asal Maluku Irene Joseph 20 tahun silam. Kala itu Joseph mencatatkan waktu terbaik 23.86 detik.

Emas lainnya ditorehkan Yanes Pelamonia di nomor lari 1.500 meter dan juga Wempy Pelamonia yang juga meraih emas di nomor 800 meter putra.

Medali perak didapat dari nomor 400 meter gawang atas nama pelari Budi Prayoga dan nomor 4X400 meter gawang yang diraih kwartet Maluku Fandry Sopacua, Elvis Telusa, Jakob Tahapary , dan Budy Prayoga, sementara 2 medali perunggu masing-masing di nomor 400 meter atas nama Elvis Telussa dan Yanes Pelamonia.

Anda mungkin juga berminat