Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dukung Babullah Jadi Pahlawan Nasional, Pemkot Ternate Siapkan Anggaran

0 91

Ternate, TN – Untuk mendukung Sultan Babullah menjadi Pahlawan Nasional, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 422 juta yang bersumber dari APBD kota Ternate tahun 2020.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ternate, Burhanuddin Abdul Kadir mengaku, sejak awal anggaran untuk pengusulan Sultan Babullah menjadi Pahlawan Nasional yakni sebesar Rp 170 juta, kemudian ditambahkan lagi dengan penyusunan penelitian sebesar Rp 30 juta yang sekaligus ditambah dengan biaya konsumsi.

“Sedangkan anggaran untuk perjalanan ke Portugal dan Inggris, dengan estimasi anggaran sebesar Rp 422 Juta yang ditambah dengan estimasi anggaran sebesar Rp 147.600 juta,” kata dia kepada wartawan, di Ternate, Kamis (23/1).

Dikatakan, untuk pengambilan dokumen fisik di Portugal dan Inggris menjadi salah satu persyaratan untuk memenuhi pengusulan Babullah menjadi pahlawan nasional. Dokumen yang dimaksud itu bermacam-macam misalnya surat Babullah ke Raja Inggris dan Portugal, kemudian perjuangan Sultan Babullah tercatat di Inggris dan Portugal itu menjadi dokumen dasar bagi mereka, bahwa Sultan Babullah telah berjuang untuk mengusir Portugis dari Ternate.

“Jadi total anggaran sebesar Rp. 422.600.000, sudah termasuk semua mulai dari penyusunan naskah akademik, kemudian perjalanan ke Portugal dan Inggris, kemudian biaya akomodasi lainnya termasuk pengeditan dan lain-lainnya itu,” singkatnya.

Untuk diketahui, tim Pengusulan Sultan Babullah menjadi Pahlawan Nasional, Selasa (21/1), telah melakukan rapat bersama Pemerintah Kota Ternate, yakni Dinas Sosial, Perwakilan pemerintah Provinsi Maluku Utara, Profesor Philip Santo dari Portugal, tim verifikasi sejarawan dari Universitas Indonesia (UI), dan perwakilan dari Universitas Khairun Kota Ternate.

Rapat tersebut dilakukan di lantai III Kantor Wali Kota Ternate, terkait Penyusunan data primer untuk pengambilan dokumen sejarah Sultan Babullah yang ada di Portugal dan Inggris.

Anda mungkin juga berminat