Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dukcapil Raja Ampat Siap Launching Kartu Identitas Anak

0 256

Waisai, TN- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Raja Ampat siap melaunching pengurusan Kartu Idenditas Anak (KIA).

Sesuai dengan rencana, Dukcapil akan melaunchingnya bertepatan dengan event Festival Raja Ampat 2019 pada 18 Oktober 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Raja Ampat, Abubakar Al Hamid, kepda teropongnews.com, di ruang kerjanya, Rabu (14/8).

Dikatakan, rencana tersebut sedang dikordinasikan dengan dinas Pariwisata, jika dimungkinkan launching Kartu Identitas Anak tersebut, akan dilakukan bertepatan dengan pembukaan Festival Raja Ampat.

“Perekaman Kartu Identitas Anak sudah berlangsung di Raja Ampat, hanya saja kami sedang merangangkan momen yang pas untuk melakukan launching. Kami rencananya akan lounching pada saat Festival Raja Ampat nanti. Namun sampai saat kami masih berkordinasi dengan dinas Pariwisata,” ujar Al Hamid.

Diakuinya, untuk kepengurusan KIA memang tidak membutuhkan waktu yang lama, dimana proses mencetak satu KIA hanya membutuhkan waktu sekitar dua menit.

Menurut, mantan Kepala Dinas Dukcapil Kota Sorong itu, sesuai dengan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, mengatakan bahwa anak berumur 0 hari sampai 17 tahun kurang satu hari perlu memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Namun bagi anak yang baru lahir pencetakan KIA bersamaan dengan Kutipan Akta Kelahiran.
Untuk anak di bawah 5 tahun yang sudah memiliki Akta Kelahiran, syarat penerbitan KIA adalah sebagai berikut.

” yang pertama orang tua harus fotocopy kutipan akta kelahiran dan memperlihatkan aslinya, selanjutnya KK orang tua atau wali memperlihatkan aslinya dan e-KTP kedua orang tua atau wali ditunjukan yang aslinya,” jelasnya.

“Sedangkan untuk anak di atas 5 tahun persyaratan tambahan adalah menyerahkan pas photo ukuran 2×3 sebanyak 2 lembar,” tambah Al Hamid.

Perekaman Kartu Identitas Anak dapat langsung dilakukan di kantor Dukcapil kabupaten Raja Ampat, disertai dengan persyaratan yang ditentukan.

Anda mungkin juga berminat