Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dua Pelaku Jambret Di Sorong Berhasil Diringkus Polisi

0 7.394

Sorong, TN – Satuan Reskrim Polres Sorong Kota berhasil menangkap dua pelaku pencurian dan kekerasan (Curas) atau yang sering disebut jambret. Pelaku berinisial ED (21) dan MR (22).

kedua pelaku ditangkap di lokasi yang berbeda, ED ditangkap pada 08 Januari 2020 di pelabuhan saat hendak kabur menggunakan kapal laut. Sedangkan MR ditangkap di jalan Basuki Rahmat depan taman Sorong city pada 12 Januari 2020.

Pelaku ED (kiri) dan MR (kanan). (Foto:TN/Mega)

“Penjambretan yang dilakukan pelaku ED terjadi pada 21 Maret 2019, saat itu korban yang baru pulang dari kantor hendak ke CFC dengan menggunakan sepeda motor. Sebelumnya korban sempat singgah di ATM Bank Mandiri syariah, namun korban tidak sadar kalau dirinya sedang dibuntuti oleh pelaku ED,” ujar Kasat Reskrim Polres Sorong Kota, AKP Syarifurrahman saat menggelar press release di Mapolres Sorong Kota, Senin (13/01).

Sesampainya di depan masjid Al-Jihad, korban mengendarai sepeda motornya dengan sangat pelan karena terhimpit dengan mobil yang searah dengan korban. Pada saat itulah pelaku ED yang berboncengan dengan rekannya menggunakan sepeda motor Mio langsung menepuk bahu korban.

Korban yang terkejut langsung melihat kearah pelaku dan tidak lama kemudian pelaku langsung mengambil tas korban yang ia letakkan di pijakan kaki. Setelah berhasil mengambil tas korban yang berisi 1 unit HP dan uang sebesar Rp. 400.000,- pelaku ED bersama rekannya langsung pergi meninggalkan korban.

“Setelah dilakukan pengembangan dan Kita interogasi, ternyata tersangka ED banyak melakukan tindak kejahatan. Selain Penjambretan, pelaku ED juga melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor (Curanmor). Seperti yang kita lihat, ada 10 sepeda motor hasil pengungkapan dari tersangka ED, empat motor diantaranya dari laporan polisi di Polsek Sorong timur dan enam motor lainnya dari laporan polisi di Polres Sorong kota,”ucap Syarifurrahman.

Sementara untuk pelaku MR, tertangkap usai melakukan aksi penjambretan di jalan Basuki Rahmat sekitar pukul 21:30 WIT depan taman Sorong city. MR ditangkap karena terjatuh dari atas motornya usai terlibat aksi kejar-kejaran dengan korbannya.

“Kejadian jambretnya terjadi di jalan Basuki Rahmat depan taman Sorong city, Minggu (12 /01/2020) sekitar pukul 21:30 WIT. Saat itu korban dibuntuti oleh pelaku MR yang berboncengan dengan rekannya. Setelah mendekati korban, pelaku langsung merampas hp milik korban,”kata Syarifurrahman.

Sempat terjadi saling tarik-menarik antara korban dan pelaku hingga akhirnya pelaku berhasil kabur.  Korban yang tidak langsung menyerah langsung mengejar pelaku sambil meneriaki jambret.

Pelarian pelaku akhirnya terhenti di pertigaan lampu merah terminal. Saat belok ke kanan, pelaku menabrak pengendara motor lainnya sehingga kedua pelaku terjatuh dari atas motor bersamaan dengan hp milik korban yang juga ikut terhempas dari genggaman pelaku.

“Tersangka MR berhasil diamankan anggota Polres Sorong Kota, sedangkan rekannya melarikan diri usai terjatuh dari atas motor,”imbuhnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan pasal 365 tentang pencurian dan kekerasan dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

“Untuk kejadian pembacokan tanggal 12 januari, sekitar jam 4 subuh dengan TKP yang sama. Saat ini kita masih lakukan upaya pengembangan. Sepeda motor korban sudah berhasil kita temukan di sekitar aspen. Saat ini kita sedang melakukan penyelidikan dan memeriksa saksi yang berada di lapangan pada saat itu,”terang Syarifurrahman.

Pihaknya juga sudah mendatangi korban dan mencocokkan kedua pelaku tersebut, apakah kedua pelaku tersebut mirip dengan pelaku yang membacoknya pada saat itu.

“Namun kita kesulitan untuk mengungkapnya karena di lokasi kejadian begitu gelap sehingga korban kesulitan untuk mengenal pelaku.  Saat ini kita sedang bekerja keras untuk mengungkap siapa pelakunya. Untuk masyarakat, percayakan kasus ini kepada kami pihak kepolisian,  apabila sudah ada hasilnya kita akan sampaikan. Mohon dukungannya,”tutupnya.

Anda mungkin juga berminat