Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

DPRP Sarankan Mahasiswa Papua Tetap Lanjutkan Aktifitas Perkuliahaan

0 766

Jayapura, TN – DPR Papua menyarankan mahasiswa yang telah pulang Papua untuk kembali ke kota tempat studinya agar dapat melanjutkan aktivitas belajarnya.

“DPR Papua harap seluruh anak-anak jangan pulang semua, kalau bisa bertahan untuk sekolah atau kuliah,” kata Ketua DPR Papua, Yunus Wonda usai memimpin Rapat Badan Musyawarah DPR Papua.

Kata Yunus Wonda, saat ini Kepolisian termasuk pemerintah lokasi tempat studi para mahasiswa asal Papua, telah memberi jaminan keamanan Sehingga Ketua DPR Papua sangat berharap Yunus Wonda tetap melanjutkan proses perkuliahannya.

Kata Yunus, memang sebaiknya semua pihak tidak perlu buru-buru mengambil langkah agar para mahasiswa yang terlanjur kembali ke Papua untuk secepatnya di berangkatkan ke kota studinya masing-masing.

“Ya mungkin cooling down , baru kalau anak-anak sudah merasa tenang, sehingga mereka bisa kembali ke kota studi masing-masing,” jelasnya.

Namun demikian, kata Yunus, semua itu dikembalikan kepada kemauan para mahasiwa itu sendiri. “Tapi, kembali ke anak-anak kita, mereka mau kembali atau tidak. Tapi, harapan kami dari dewan, anak-anak harus kembali, karena ini menyangkut masa depan mereka. Ya, harus kembali kuliah seperti biasa,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe menyebut sekitar 800 san mahasiwa asal Papua telah pulang Papua dari kota tempat mereka berkuliah. Terkait kepulangan para mahasiswa ini, Lukas menyebut akan mengagendakan pertemuan dengan pemerintah Provinsi Papua Barat.

Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST.MT menyarankan agar para mahasiswa Papua dapat mempertimbangkan ulang tindakan kembali ke Papua. Sebab kata Apolo, para mahasiswa ini terancam di Drop Out (DO) dari kampus sebelumnya, dan belum tentu semua Perguruan Tinggi (PT) di Papua dan Papua Barat dapat menampung ratusan mahasiswa yang berkuliah di berbagai kota yang ada di Indonesia.

Demikian juga Kapolda Papua, Irjen Pol Irjen Rudolf A Rodja menegaskan bahwasanya Kapolri yang telah memberikan jaminan kemanan kepada seluruh mahasiwa Papua yang berkuliah di seluruh Indonesia.

“Kapolri sudah menyampaikan seluruh polda akan jamin kemanan dan rasa aman dimanapun mereka kuliah baik di Tanah Papua maupun di luar Papua, jadi tidak perlu mahasiwa yang kuliah di luar merasa ketakutan,” kata Kapolda.

Anda mungkin juga berminat