Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

DPRD Ternate: Jika Tak Capai Target PAD, Alihkan Saja Bantuan Kemenhub Jadi Kapal Wisata

0 105

Ternate, TN – Pemerintah Kota Ternate telah mendapatkan bantuan kapal dua unit kapal, masing-masing Banawa Nusantara 114 dan Banawa Nusantara 39 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Bantuan dua kapal itu digunakan Pemkot Ternate untuk melayani masyarakat untuk perjalanan antar pulau. Namun sayangnya, kendati dioperasikan untuk melayani masyarakat, namun Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate tidak mampu mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang telah ditetapkan.

Untuk itu, DPRD Kota Ternate dalam hal ini Komisi I menyarankan, agar satu diantara dua kapal bantuan Kemenhub itu dialihkan sebagai kapal wisata.

“Jika tidak mencapai target PAD, saya sarankan untuk dialihkan saja bantuan Kemenhub itu menjadi kapal wisata, karena tiap tahun kedua kapal bantuan itu harus menyetor ke kas daerah itu sekitar Rp 1 miliar. Kalau setiap beroperasi Rp 119 juta,” kata Anggota Komisi I DPRD Kota Ternate, Yamin Rusli kepada wartawan, di Ternate, Sabtu (21/12).

Alangkah baiknya, menurut dia, salah satu kapal dialihkan ke Pulau Hiri sebagai kapal wisata. Alasannya, kapasitas dua kapal itu terlalu kecil, sehingga tidak mampu untuk menjangkau hingga ke Batang Dua. Masalah lainnya, dermaga yang ada di Jikomalamo selama ini tidak beroperasi.

“Kami (Komisi I) menyarankan kepada Pemerintah Kota Ternate, agar lebih baik dialihkan saja ke Ternate-Pulau hiri sebagai kapal wisata,” saran Rusli.

Anda mungkin juga berminat