Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

DPRD Sayangkan Tiga Rumah Sakit Di Maluku Tak Lagi Layani Peserta JKN-KIS

0 79

Ambon, TN – DPRD Provinsi Maluku menyayangkan adanya pemutusan kerjasama antara BPJS Kesehatan dengan tiga rumah sakit di Maluku, masing masing Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Haulussy Ambon, RSUD dr H Ishak Umarella Maluku Tengah dan RS Hati Kudus Yesus Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Elviana Pattiasina berharap, adanya perhatian serius dari Pemerintah Provinsi (Pdmprov) Maluku, agar masalah pemutusan hubungan kerja, lantaran belum diperbaharuinya akreditasi bisa diselesaikan dengan baik, agar tidak berdampak buruk bagi peserta JKN-KIS.

“Menurut saya, pemutusan ini sangat disayangkan, karena akan menjadi pukulan bagi pasien yang memegang kartu JKN-KIS, yang akan melakukan upaya rawat jalan maupun rawat inap, mengingat RSUD dr Haulussy merupakan rumah sakit rujukan pusat di Maluku. Dengan iuran yang dibayarkan, peserta mengharapkan dapat menikmati pelayanan kesehatan yang maksimal,” kata Pattiasina kepada wartawan, di Ambon, Minggu, Minggu (5/5).

Masalah akreditasi, menurut dia, harus secepatnya diselesaikan, dan tidak berlarut-larut. Karena jika tidak segera diatasi, Pattiasina khawatir, akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi pemegang kartu JKN-KIS, karena tidak dapat menikmati pelayanan kesehatan secara maksimal.

Selain itu, Pattiasina juga meminta BPJS Kesehatan, untuk terus melakukan koordinasi dengan pihak rumah sakit bersangkutan, agar kendala yang menghambat proses akreditasi bisa secepatnya diatasi. “Dengan begitu, pelayanan kesehatan bagi masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya,” harap dia.

Sebagai wakil rakyat di DPRD Provinsi Maluku, Pattiasina meminta, Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail–Barnabas Orno yang baru saja dilantik, untuk bisa secepatnya menyelesaikan masalah ini.

“Kita sangat berharap adanya campur tangan pemerintah daerah, dalam hal ini Pak Gubernur dan Wagub, agar visi-misi mereka dibidang kesehatan, bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Maluku bisa terealisasi.

Anda mungkin juga berminat