Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

DPRD Maybrat Terima “Asmara” Rakyat Mare

0 167

Maybrat, TN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat menerima Aspirasi Masyakat Mare (Asmara) melalui acara syukuran pelantikan Naftali Hara sebagai anggota DPRD Kabupaten Maybrat Periode 2019-2024 pada 19 November 2019 lalu di Kampung Sire, Sabtu (4/1).

“Kami DPRD Maybrat lengkap dan secara resmi telah menerima aspirasi masyarakat Mare di kampung Sire, ungkap Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Maybrat, Yonas Yewen., A.Md.Tek., kepada media ini, melalui pesan WhatsApp, Rabu (8/1).

Dalam momen tersebut, Aspirasi Masyarakat Mare diterima langsung Ketua DPRD Maybrat, Ferdinando Salossa, SE., didampingi Yonas Yewen, Ketua Fraksi NasDem, Naftali Hara, Ketua Fraksi Demokrat, Naftali Kambu, Sekretaris Fraksi NasDem, Nehemia Isir dari PDIP, Jufrianus Kambuaya dari Partai Gerindra, Nebrianus Kambuaya dan Sebastianus Bame, dari Partai Demokrat di kampung Sire, distrik Mare Selatan Kabupaten Maybrat Papua Barat.

Tarian tradisional Suku Mare, yang dibawa kelompok Fenya Mare di Sire Raya dalam mengungkapkan aspirasi berupa syaran sebuah lagi tradisional di kampung Sire.

“Aspirasi itu, selain disampaikan secara tertulis, tetapi juga aspirasi mereka disampaikan melalui syair lagu dalam bahasa daerah mare dengan iringan tari-tarian tradisional daerah mare, terkait pembangunan Jalan Raya, Ruas Jalan Sukesir-Sire, Jalan Raya Karetubun-Waitenaw – Sidi, Jalan Sukesiar-Seni-Suswa-Waban-Seya yang selama ini kondisi jalan sangat memperihatinkan, selain jalan, Infrastruktur dasar baik jalan dan jembatan, SDM, Kesehatan, Pendidikan, Ekowisata lainnya, ungkap Anggota DPRD Dapil Mare, yang juga mantan jurnalis itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Maybrat Ferinando Solossa,SE., dalam sambutanya mengatakan bahwa aspirasi rakyat Mare secara resmi diterima.

“Aspirasi telah kami terima, kita berharap mari bersama membangun maybrat, kita lupakan perbedaan politik Pilbup Maybrat 2017 dan Pileg 2019 silam, mari kita bersatu dan bangun kabupaten Maybrat yang kita cintai ini belandaskan teofani Ruben Rumbiak” ungkap Ketua DPRD Maybrat dua periode itu.

Lanjut Ferdinando Solossa, tahun ini Tuhan telah memberikan berkat kepada orang Mare tiga orang sekali jadi DPRD, Naftali Hara dan Yonas Yewen, A.Md.Tek., DPRD Kabupaten dan Karel Murafer, SH., MA., Anggota DPRD Provinsi Papua Barat Dapil Maybrat, Sorsel dan Kabupaten Tambrauw.

Lebih lanjut Nando saapanya, mengatakan pembangunan berjalan tidak merata di kabupaten Maybrat karena egosentris SKPD di kabupaten Maybrat.

“Kalau Ketua Bappeda, orang Mare pasti hanya liat wilayah mare saja, sedangkan daerah Aifat, Atinyo dan Ayamaru tidak, itu adalah penyakit kronis yang ada di pikiran SKPD Maybrat, kami berharap orang Maybrat harus menerapkan asas keadilan dan kebersamaan di seluruh wilayah di kabupaten Maybrat,” tegas Fernando Solossa.

Tokoh Intelektual Mare Karel Murafer, SH., MA., menegaskan kepada masyarakat Mare bahwa polimik Pilkada dan Pileg sudah selesai dan mari kita mendukung pemerintah sekarang.

” Kami menyampaikan semua perbedaan politik sudah selesai, kita mendukung pemerintahan sekarang yang dipimpin Drs. Bernard Sagrim, MM – Drs. Paskalis Kocu, M.Si., dan Pemilihan legeslafif telah selesai dan kita bersatu bangun Maybrat,” ungkap Mantan Bupati Maybrat itu.

Menurut Karel Murafer, pembangunan harus merata di kabupaten Maybrat yang terdiri dari 4 zona besar, baik zona Aifat, Atinyo, Ayamaru dan zona Yumasssesss.

“Pembangunan harus merata di kabupaten Maybrat, jgan pembangunan menumpuk pada satu atau atau dua wilayah tertentu saja. Pembangunanseharusnya mengacu Teofani Maybrat itu,” ucapnya.

Lebih dijelaskan, pihaknya selaku Anggota DPRD Provinsi Papua Barat berharap agar pihaknya bersinerga membangun kabupaten Maybrat, Sorsel dan Tambrauw.

“Kemarin kami telah ketok APBD Provinsi sebesar 200 Miliar lebih akan terserap di 3 kabupaten tersebut, dia berharap agar yang punyak hak wilayah stop untuk menuntut hak wilayah pada saat pekerjaan proyek, agar jangan menganggu niat baik pemerintah untuk membangun,” tutup Mantan Bupati Maybrat itu.

Anda mungkin juga berminat