Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

DPRD Kota Ternate Fokus Tuntaskan Raperda RPJMD

0 97

Ternate, TN – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan Pemerintah Kota Ternate sementara dibahas Panitia Khusus I (Pansus) DPRD Kota Ternate. Pansus I sendiri akan mempercepat proses pembahasan, agar bisa segera ditetapkan sebagai Peraturan Daerah.

Untuk itu, Pansus I telah menggelar rapat internal, kemarin, untuk membahas perubahan Perda Nomor 8 tahun 2016-2021 tentang RPJMD Kota Ternate, dan dalam waktu dekat Pansus I juga akan menggelar rapat bersama Pemerintah Kota Ternate terkait hal dimaksud.

“Ada surat edaran dari kementerian terkait, dan semua itu berhubungan dengan evaluasi dokumen RPJMD, sehingga kita harus mempercepat pembahasannya. Nah, mudah-mudahan secepatnya selesai dan disahkan pada bulan Desember 2019 ini,” ujar Ketua Pansus I DPRD Kota Ternate, Junaidi Bahrudin kepada wartawan, di Ternate, Sabtu (7/12).

Menurutnya, di tahun 2020 sudah harus terselesaikan evaluasi terhadap dokumen RPJMD, lantaran masa jabatan Wali Kota Ternate akan selesai pada tahun 2021.

Sebelum melakukan evaluasi sesuai dengan Permendagri 86 tahun 2017 tersebut, kata Junaidi, diamanahkan bagi Pemerintah Daerah atas pengendalian evaluasi terhadap konsistensi dokumen perencanaan baik itu RPJMD, Renstra, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun Renja perangkat daerah.

“Nah, jika tidak ada keselarasan diantara dokumen-dokumen perusahaan tersebut, maka harus dilakukan perubahan. Dan dengan evaluasi itulah Pemerintah mengajukan Perda ini,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat