Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

DPRD Haltim Harap KPU-Bawaslu Bisa Gunakan Anggaran Pilkada Dengan Baik

0 45

Ternate, TN – DPRD Kabupaten Halmahera Timur berharap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat bisa menggunakan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Haltim tahun 2020 dengan baik, demi suksesnya pesta demokrasi lima tahunan itu.

“Saya kira usulan anggaran untuk kedua lembaga penyelenggara itu sangat rasional. Nah, awalnya usulan anggaran untuk KPU Haltim sebesar Rp 26 miliar. Namun, kemudian dirasionalisasikan menjadi Rp 24,6 miliar, berdasarkan kesepakatan antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Haltim dengan TAPD,” kata Ketua DPRD Kabupaten Halmahera Timur, Djhon Ngoraitji saat dihubungi wartawan dari Ternate, Jumat (4/10).

Hal yang sama, kata dia, berlaku juga untuk Bawaslu Kabupaten Haltim. Awalnya, anggaran yang diusulkan oleh Bawaslu sebesar Rp 12,1 miliar. Akan tetapi kemudian dirasionalisasikan menjadi Rp 8,8 miliar. Dan anggaran tersebut telah disetujui dan disepakati.

“Jadi, dalam pembahasan itu, tim TAPD telah merinci RKA, yang kemudian diserahkan oleh KPU dan Bawaslu, lalu dilakukan pengurangan kegiatan, sehigga dari jumlah awal diusulkan itu dipangkas,” ujar dia.

Lebih lanjut Djhon mengatakan, setelah dilakukan penetapan anggaran KPU dan juga Bawaslu, maka pihaknya berharap, Pilkada Haltim yang akan digelar pada tahun 2020 bisa berjalan aman, lancar dan sukses.

“Bukan hanya lembaga ini (DPRD), namun saya yakin seluruh elemen masyarakat mengharapkan agar Pilkada bisa berjalan dengan sukses,” harap Djhon.

Anda mungkin juga berminat