Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Disperindag Malut Turunkan Tim Awasi Harga Bahan Pokok

0 22

Ternate, TN – Untuk memastikan jika harga barang di sejumlah pasar tradisonal di Kota Ternate, Maluku Utara menaikan harga bahan pokok secara sepihak menjelang lebaran, maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Utara (Malut) menerjunkan seluruh tim pengawasan harga bahan pokok sejak 27 Mei hingga 4 Juni 2019.

“Jadi kami (Disperindag) bersama-sama dengan Tim Satgas Pangan Polda Malut terus menggelar sidak, dan memantau perkembangan stok dan harga sehingga tidak ada spekulasi harga dan monopoli pasar,” kata Kepala Disperindag Malut Asrul Gailea saat dihubungi Teropongnews.com, dari Ternate, Selasa (4/6).

Selain itu, kata dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga telah menerjunkan tim penetrasi pasar yang berjumlah 240 personel yang nantinya memiliki tugas untuk mengawal harga kebutuhan pokok. Jika ada temuan di lapangan yang berpotensi terhadap peningkatan harga, maka para pedagang nakal tersebut akan ditindak.

Pihaknya, lanjut dia, telah menerima laporan dari tim penetrasi bahwa stok berbagai kebutuhan pokok di Kota Ternate mencukupi hingga Lebaran, terutama beras dengan stok untuk lima bulan ke depan, sedangkan berdasarkan pantauan, harga relatif stabil.

“Untuk itu, kami kembali mengingatkan para pedagang dan distributor untuk tidak menjual bahan kebutuhan pokok melebihi HET (Harga Eceran Tertinggi) dan mengajak mereka untuk menjaga harga berbagai kebutuhan pokok tetap stabil jelang Lebaran,” tandas dia.

Anda mungkin juga berminat