Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Diskominfo Merauke Gelar Workshop e-Government di Distrik Merauke

0 36

Merauke, TN-Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke, Papua menyelenggarakan kegiatan Workshop e-Government sistem informasi desa/kampung (SID) di Distrik Merauke, Senin (16/07).

“Tujuan penerapan e-Government adalah untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, dimana layanan pemerintah bersifat transparan, akuntabel dan bebas korupsi,” demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Robeca Iwong,S.Sos, M.Si dalam laporan panitia di Swisbel Hotel Merauke.

Disebutkan, materi workshop e-Government terdiri dari e-Government, e-Office, sistem informasi kampung, web kampung, sosial media penunjang kinerja e-Government, sistem operasi komputer, instalasi SID, manajemen website SID, layanan surat administrasi masyrakat, freehotspot dan internet sehat.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II, Salestinus Kahol menyampaikan manfaat dari e-Government adalah memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada stokeholdernya yakni masyarakat, kalangan bisnis dan industry, terutama dalam hal kinerja, efektifitas dan efisiensi di berbagai bidang.

Manfaat selanjutnya, meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah dalam rangka penerapan konsep good coorporate governance . Selain itu juga secara signifikan dapat mengurangi total biaya administrasi relasi dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stokeholder.

“Hal ini sejalan dengan salah satu misi Kabupaten Merauke dengan melihat kondisi geografis, maka salah satu aspek aksesibilitas yang diprioritaskan adalah jaringan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),” ucap Asisten II.

Konsep e-Government, lanjut dia, merupakan perpaduan antara layanan pemerintah, pembangunan dan pemanfaatan teknologi di lingkungan pemerintah guna menuju terwujudnya tata laksana pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean government).