Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dishub Maluku Siapkan Program Mudik Gratis

0 50

Ambon, TN – Sudah menjadi program tahunan, dimana Dinas Perhubungan Maluku, selalu menyiapkan program mudik gratis bagi pemudik yang akan merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. Untuk memperlancar mudik kali ini, Dishub Provinsi Maluku telah menyiapkan sarana angkutan berupa kapal laut, kapal feri, dan bus.

“Nah, kapal yang akan kami siapkan adalah, KM Sabuk Nusantara 72 untuk tujuan Ambon-Namrole-Leksula, di Kabupaten Buru Selatan yang rencana akan berangkat dari Pelabuhan Yos Sudarso pada tanggal 24 Mei,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku, Johanes Frans Papilaya kepada wartawan, di Ambon, Kamis (16/5).

Selain itu, kata dia, KM Sabuk Nusantara 71 dengan rute Ambon-Werinama-Kelmuri-Geser-Gorom-Kesui-Teor-Kaimer-Kur-Toyando-Tual-Ambon juga akan diberangkatkan pada 25 Mei dari Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Dishub, lanjut dia, juga menyiapkan KM Manusela untuk melayani warga tujuan Ambon-Ambalauw-Wamsisi-Namrole-Leksula-Tifu-Waimulang-Manali yang akan berangkat pada 28 Mei. Kemudian KM Manusela dengan rute Ambon-Manipa-Kelang-Buano-Taniwel-Wahai-Kobisadar-Bula-Kelimoi-Geser-Gorom, yang rencana berangkat pada 1 Juni.

Selanjutnya, KM Ngapuludengan rute Ambon-Banda yang rencana berangkat pada 30 Mei. “Untuk KM Ngapulu ini program mudik gratis dari Bulog,” ungkap dia.

Bukan saja itu, Dishub Provinsi Maluku menyiapkan sejumlah armada feri seperti KMP Teluk Ambon dengan rute Waai-Kailolo, Maluku Tengah yang akan berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31 Mei. KMP Samandar lintasan Waai-Umeputih berangkat dari Pelabuhan Waai pada 31 Mei. Kemudian KMP Wayangan lintasan Galala-Namlea pada 1 Juni serta lima kapal feri lintasan Hunimua-Waipirit pada 1 Juni.

“Untuk angkutan darat, kami akan menyiapkan bus damri bagi pemudik. Bus itu nantinya akan terparkir di di kawasan Gong Perdamaian Dunia (GPD) dan akan diberangkatkan menuju pelabuhan penyeberangan Hunimua, Desa Liang, Kabupaten Maluku Tengah pada 31 Mei hingga 1 Juni. Jadi, masyarakat yang ingin ikut program mudik gratis untuk mendaftarkan diri dengan membawa serta tanda bukti diri berupa KTP, SIM, kartu mahasiswa, kartu pelajar atau kartu keluarga dengan copy-an satu lembar,” tandas Papilaya.

Anda mungkin juga berminat