Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dinas P & K Merauke Buka Seleksi Pemilihan Guru Berprestasi

0 38

Merauke, TN – Sekitar 40 orang guru jenjang SMP mengikuti seleksi pemilihan guru berprestasi melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Selasa (02/07/19). Pemilihan guru berprestasi ini merupakan agenda tahunan mulai dari tingkat sekolah, Kabupaten, provinsi sampai nasional.

Hasil seleksi tersebut, guru yang keluar sebagai juara akan diikutkan ke tingkat provinsi dan ketika lolos di provinsi akan dilanjutkan ke tingkat pusat.

“Yang dinilai secara keseluruhan berkaitan dengan empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial,” jelas Ketua Tim Seleksi, Baharuddin Lahati di Aula RRI Merauke, Selasa (02/07/19).

Empat kompetensi ini akan dituangkan dalam bentuk tes secara lisan dan tertulis. Kriteria guru yang bisa mengikuti seleksi ini minimal masa kerja emapat tahun, S1, bersertifikat pendidik, namun satu sekolah dibatasi hanya bisa diutus satu orang guru.

Seleksi ini tujuannya supaya guru berprestasi mendapatkan reward yang semestinya. Termasuk dalam penjenjangan karier mereka, agar kelak yang bisa diangkat jadi kepala sekolah adalah guru-guru terbaik. Kemudian yang diangkat jadi pengawas adalah kepala sekolah yang juga mempunyai prestasi baik.

“Tahun 2018 kemarin prestasi guru kita bagus, keluar menjadi juara tiga tingkat nasional,” tambahnya.

Selain itu, ada juga guru berdedikasi bagi sekolah daerah pedalaman, diberikan reward berupa uang pembinaan sebagai motivasi.

Lanjutnya, kompetensi Pedagogik merupakan salah satu jenis kompetensi yang mutlak perlu dikuasai guru. Kompetensi Pedagogik pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik, merupakan kompetensi khas yang akan membedakan guru dengan profesi lainnya dan akan menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya.

Kompetensi ini tidak diperoleh secara tiba-tiba tetapi melalui upaya belajar secara terus menerus dan sistematis, baik pada masa pra jabatan (pendidikan calon guru) maupun selama dalam jabatan, yang didukung oleh bakat, minat dan potensi keguruan lainnya dari masing-masing individu yang bersangkutan.

Anda mungkin juga berminat