Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dikunjungi Tim SKPD Jayawijaya, Kominfo Termotivasi Pertahankan Perestasi

0 13

Merauke, TN – Kepala Bidang Pengembangan Layanan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Merauke, Nugroho Asrianto, ST.,M.Si mengatakan, kunjungan 10 orang perwakilan SKPD Kabupaten Jayawijaya, Papua ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merauke, kemarin Selasa (14/05) adalah sebagai dorongan untuk mempertahankan prestasi atau kinerja Kominfo Merauke.

Pada kunjungan tersebut, para tamu melihat dan mendengarkan penjelasan langsung mengenai sistem jaringan dan aplikasi yang sudah diimplementasikan di Kabupaten Merauke.

“Karena Kabupaten Merauke dalam hal pengelolaan jaringan khusus Pemda merupakan yang terbaik di Papua,” jelas Kabid Pengembangan Layanan di Ruang Kerjanya,Rabu (15/05/19).

Katanya, prestasi ini tidak terlepas dari niat ASN untuk mencapai target atau melampaui target yang ditetapkan di tiap SKPD. Khusus Kominfo Merauke, masing-masing bidang sudah mempunyai target yang sudah ditetapkan.

“Itu sudah masuk dalam sasaran kinerja pegawai, sehingga wajib untuk mencapai atau melampaui target. Kalau kita tidak mencapai target sudah otomatis nilai raport kita merah,” jelasnya.

Kunjungan kali ini, tim dari Kabupaten Jayawijaya melihat bagaimana implementasi aplikasi-aplikasi yang ada di portal Merauke yang bisa diakses melalui www.merauke.go.id. Melalui aplikasi ini bisa dilihat berbagai macam aplikasi yang sudah online termasuk salah satunya Kabupaten Merauke mendapatkan penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik pada tahun 2018 yang diserahkan oleh Wapres RI Jusuf Kalla.

Selain itu, dilihat pula pengelolaan internet di Pemda Merauke untuk Pelayanan ke Masyarakat, freehotspot dan pemanfaatan BTS, untuk selanjutnya akan diterapkan di Kominfo Jayawijaya.

Kabid Pengembangan Layanan menjelaskan, di Kabupaten Merauke terdapat dua jaringan yaitu jaringan eksternal berupa jaringan telepon seluler, seperti jaringan Telkomsel, itu adalah bukan dari Kominfo tetapi ada kerjasama dengan Kominfo dalam mengawasinya.

Jaringan yang ada di Kominfo adalah jaringan intranet dan internet yang tersebar di seluruh SKPD bahkan sampai di distrik-distrik.

Intranet adalah jaringan lokal yang terintegrasi antara SKPD di seluruh Kabupaten Merauke. Misalnya ada server keuangan, kita dapat mengakses informasi keuangan daerah yang setiap hari dilakukan setiap SKPD untuk membuat laporan keuangan permintaan permintaan SP2D dan lain-lain. Semua menggunakan jaringan intranet atau jaringan lokal milik Pemda Kabupaten Merauke dan tidak tergantung dengan internet.

Sedangkan jaringan internet adalah jaringan yang di luar Pemda dan sangat luas misalnya jaringan LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) karena servernya sudah terintegrasi dengan Jakarta dan terkoneksi dengan jaringan internet.

Lanjut dia, Dinas Kominfo sendiri dapat memantau pengguna internet di Kabupaten Merauke. Secara statistik pengguna internet aktif di Pemda Merauke untuk PNS sejumlah 1.684 orang dari hampir 6 ribu PNS. Pegawai honorer yang terdaftar pengguna internet aktif sebanyak 824 orang, pegawai kontrak 146 orang dan siswa magang 73 orang dan totalnya 2.731 orang.

Secara umum kendala yang cukup serius di Merauke adalah terkait sharing data-data umum dari tiap SKPD. Kominfo sudah meminta kepada semua SKPD untuk membagi datanya, namun data-data inilah yang sulit untuk dikumpulkan. Tercatat baru 10 SKPD yang selalu memberikan data secara rutin.

“Harapan kita tentunya dari sharing data dan disimpan di aplikasi, kedepannya akan memudahkan OPD tersebut dalam mengaksesnya kembali, tidak repot-repot mencarinya,” terang Kabid Pengembangan Layanan.

Selanjutnya, lebih ke internal Kominfo, diharapkan ada penambahan SDM di bidang IT karena di Kominfo Merauke sangat kekurangan SDM di bidang IT terutama yang tersertifikasi karena ada beberapa pegawai yang dipindahkan ke OPD lain sementara di Kominfo sendiri masih kekurangan

Anda mungkin juga berminat