Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Diduga Lagi “Kencing” BBM Illegal, Mobil Transportir dan Konter HP Hangus Terbakar

0 403

Sorong,TN- Diduga sedang parkir dan mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) secara illegal, satu unit mobil tangki minyak milik PT Patraniaga, 1 konter HP dan warung makan coto Makassar hangus dilalap si jago merah, di Jl. Yos Sudarso Kampung Baru Kota Sorong (Samping SMK 2) Rabu (19/6).

Berdasarkan informasi yang diperoleh media ini dari beberapa warga yang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) menyatakan bahwa kejadian berawal sekitar pukul 09.00 WIT. Dimana mobil tangki minyak milik PT Patraniaga sedang parkir di tempat pencucian mobil milik Muslim yang beralamat di Jl Yos Sudarso atau samping SMKN 2 Tembok Berlin Kota Sorong.

“Saat mobil tengki lagi parkir, tiba-tiba ada percikan api keluar dari badan mobil. Kita curiga pada saat itu mobil tengki bukan lagi dicuci, tapi lagi mengisi BBM ke drum yang ada di belakang konter. Karena didalam mobil ada minyak, jadi api cepat sekali membakar konter dengan warung coto. Untung tidak ada angin tadi, kalau tidak mungkin semua rumah disini habis terbakar,” ungkap salah seorang warga yang enggan namanya dipublish.

Mobil tengki trnasportir milik PT Patraniaga hangus terbakar. Foto Ila/TN.

Sementara itu, ditempat terpisah, Mama Ona warga yang rumahnya berada di belakang TKP kepada awak media menceritakan kalau sebenarnya sudah lama warga sekitar curiga bahwa ditempat pencucian mobil ada praktek jual beli BBM secara illegal, yang dilakukan antara sopir mobil tengki minyak dengan pemilik pencucian mobil.

“Kami sudah lama tahu kalau disitu sering sekali mobil tengki minyak parkir untuk kasih turun BBM secara illegal. Padahal mereka disitu sama sekali tidak punya ijin untuk menjual minyak. Bukan hanya warga yang pernah ingatkan agar jangan timbun BBM disitu, pak RT juga pernah tegur mereka tapi mereka tidak pernah hiraukan. Akhirnya sekarang kejadian betul, kebakaran,” ujar Mama Ona seraya menambahkan kalau sudah kebakaran siapa yang mau tanggung jawab.

Kapolres Sorong Kota melalui Kapolsek Sorong Barat AKP Muhammad Salim Nurlily yang dikonfirmasi awak media saat dikonfirmasi menyatakan kejadian kebakaran yang menghanguskan 1 konter hp, warung coto makassar dan 1 unit mobil tengki minyak terjadi sekitar pukul 08.30 WIT, di Jl Yos Sudarso Samping SMKN 2 Tembok Berlin Kota Sorong.

“Untuk penyebab kebakaran saat ini masih dalam proses penyelidikan, namun kerugian ditaksir mencapai 300 juta lebih karena disalam konter banyak sekali terdapat handphone dan laptop. Untuk mobil tengki minyak milik PT Patraniaga yang dikemudikan oleh sopir Benedictus Irwan Rinca dan kondektur atau helper Ronaldo W Tetelepta. Sementara pemilik pencucian mobil sekaligus yang menjadi korban kebakaran bernama Muslim,” bebernya saat ditemui di ruang kerjanya.

Kapolsek Sorbar yang ditanya terkait adanya temuan dugaan penimbunan BBM secara illegal dirumah milik tempat pencucian mobil Muslim, jawabnya dugaan tersebut masih dalam proses penyelidikan, apakah ada kaitan atau tidak dengan kejadian kebakaran.

“Kami sendiri masih dapat info dari warga, memang betul dibelakang konter ada ditemukan 2 drum berisi BBM jenis solar. Makanya kami masih terus melakukan penyelidikan, menggali dan mencari keterkaitan antara mobil tangki yang diparkir atau dicuci dengan penimbunan BBM dan peristiwa kebakaran. Kalau kami langsung menyimpulkan ada keterkaitan tanpa melalui proses, maka kami salah dan karena tidak sesuai SOP,” pungkasnya.

Pantauan media ini, setelah api berhasil dipadamkan, tampak anggota Polsek Sorong Barat langsung melakukan pengecekan dan penyisiran di sekitar TKP yang diduga melakukan penimbunan BBM secara illegal. Dan dari hasil pengecekan, tampak anggota Polsek Sorbar menemukan banyak sekali BBM illegal baik itu jenis solar, pertalite, maupun premium yang ditimbun dengan menggunakan jerigen maupun drum didalam rumah pemilik pencucian mobil.

Anda mungkin juga berminat