Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Dianggap Sikap Menkumham Tak Etis, Ini 3 Kekesalan Mantan Wartawan

0 25

Manokwari,TN- Sikap Mentri Hukum dan HAM Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasona Laoly yang menolak bertemu Solidaritas Wartawan Manokwari (SMW) di Halaman Kantor Kanwil Kemenkumham Papua Barat, Rabu (30/1) kemarin dianggap tak etis.

“Sebagai mantan wartawan Surat Kabar Harian Cenderawasih Pos (SKH Cepos) saya menyesalkan sikap tidak etis dari Saudara Yasona Laoly sebagai seorang pejabat negara dalam menyikapi aksi damai para wartawan di Manokwari kemarin,” kata Mantan Wartawan yang juga Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinuusy melalui siaran persnya yang diterima media ini, Kamis (31/1).

Alasan Warinussy, pertama, karena hal yang dipersoalkan adalah adanya kebijakan negara yang terkait erat dengan tugas dan kewenangan dari Menkumham RI tersebut yaitu pemberian remisi kepada narapidana pembunuh wartawan di Bali.

Kedua, karena sesungguhnya aksi damai para jurnalis ini sangat dijamin dan dilindungi sesuai amanat pasal 28 UUD 1945.

Ketiga, karena sebagai pembantu Presiden seyogyanya kehadiran Yasona Laoly sangat dinantikan untuk memberikan respon secara positif terhadap berbagai aspirasi masyarakat di Manokwari dan Provinsi Papua Barat.

“Utamanya aspirasi yang terkait mengenai penegakan hukum dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia secara umum, termasuk di Tanah Papua,” pungkasnya.(*)

Anda mungkin juga berminat