Teropong News
Lugas Tegas dan Tanpa Batas

Di Kota Ternate, Roda Dua Masih Mendominasi Pelanggaran Lalulintas  

0 116

Ternate, TN – Pengendara sepeda motor masih mendominasi pelanggaran lalu lintas di Kota Ternate. Terbukti, dari 81 pelanggar lalu lintas yang  terjaring dalam operasi patuh Kieraha oleh anggota Satlantas Polres Ternate, 79 pelanggar adalah pengendara roda dua, sisanya pengendara roda empat.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ternate, AKP Andreas menjelaskan, 81 pelanggar lalu lintas itu terjaring pada hari ketiga dilaksanakannya operasi Patuh Kieraha, Minggu (1/9/2019). Operasi ini digelar di sejumlah ruas jalan di kota setempat.

Menurut AKP Andreas, banyak kendaraan roda dua yang berhasil terjaring razia, lantaran pengendara yang tidak menggunakan helm. Jenis pelanggaran ini tercatat sebanyak 52 kasus, disusul pengendara yang melawan arus lalulintas sebanyak 16 kendaraan, kemudian berboncengan lebih dari 1 sebanyak 1 kendaraan, serta melanggar rambu-rambu lalulintas sebanyak 13 kendaraan.

“Di hari pertama Operasi Patuh Kieraha tahun 2019, kami berhasil menjaring dan mengamankan sebanyak 52 kendaraan, dan hari ketiga kendaraan yang terjaring sebanyak 81 pelanggar,” kata Andreas kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (2/9/2019).

Dia mengatakan, ada sekitar tujuh pelanggaran yang menjadi prioritas Satlantas Polres Ternate, yaitu mengendarai kendaraan bermotor sambil menggunakan handphone, mengendarai kendaraan roda empat tidak mengenakan safety belt.

“Ada juga jenis pelanggaran lainnya seperti, helm standar bagi pengendara dan yang berboncengan tidak menggunakan helm kemudian pengendara yang melawan arus, dan penindakan terhadap pengemudi dan pengendara yang tidak ada kelengkapan surat surat berupa STNK maupun yang sudah mati, dan pengendara dibawah umur,” urainya.

Operasi Patuh Kieraha ini dilaksanakan dari 29 Agustus hingga 11 September 2019,” ungkap Andreas.

Anda mungkin juga berminat